Cegah Cyberbullying, YouTube bakal Hilangkan Jumlah "Dislike"

LIMAPAGI - YouTube baru-baru ini dikabarkan bakal menghilangkan jumlah "dislike" yang terhitung pada layanannya. Ini dilakukan guna menghindari serta mengantisipasi cyberbullying.

Aplikasi berbagai video gratis itu mengatakan bahwa perubahan akan dilakukan secara bertahap hingga akhirnya bisa terealisasi secara global. Kabarnya, tombol "dislike" akan tetap dipertahankan, tetapi yang berubah ialah angka yang muncul dari tombol tidak suka tersebut tidak akan dimunculkan.

Baca Juga: Berapa Banyak sih Pengguna YouTube di Seluruh Dunia?

Dikutip Antara, tombol itu tetap ada agar YouTube dapat mengetahui konten yang tidak disukai pengguna dan tidak lagi merekomendasikan konten sejenis. Kendati demikian, kreator tetap akan dapat melihat jumlah "dislike" dari dashboard pribadi mereka. Hanya saja, jumlah "dislike" tidak akan diketahui oleh publik.

Keputusan ini diambil setelah YouTube mengklaim telah melakukan penelitian mendalam serta eksperimen dalam beberapa bulan terakhir. Dalam eksperimen itu diketahui kreator konten yang baru merintis kanalnya rupanya lebih mudah mendapatkan serangan "dislike" akibat kehadiran fitur ini.

Selain itu, beberapa kreator konten memanfaatkan tombol "dislike" sebagai sumber pemasukan sehingga menyiapkan konten- konten yang tidak berguna bahkan hanya bermodal clickbait hingga bersifat SPAM.

Baca Juga: YouTube Tindak 120 Ribu Video yang Eksploitasi Anak di Bawah Umur

Langkah itu diambil juga berkaca dari berbagai penelitian, khususnya terkait kesehatan mental yang menunjukan banyak pengguna yang mengalami gangguan kesehatan mental karena merasa dirundung akibat tombol "dislike".


 

Ahmad Luthfi
Ahmad Luthfi

An editor who focuses on news about technology.

As an editor at limapagi.id, Luthfi focuses on news related to gadgets, technology, games to science.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post