Usai Dihantam Badai Ida, AS Kembali Siaga Terjangan Badai Nicholas

LIMAPAGI - Amerika Serikat (AS) kembali bersiap menghadapi Badai Tropis Nicholas setelah terjangan Badai Ida meluluhlantakan beberapa wilayah. Badai Nicholas dilaporkan berubah menjadi badai Kategori 1 pada Senin malam waktu setempat saat bergolak menuju Texas dan Lousiana.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan keadaan darurat untuk Louisiana dan memerintahkan bantuan federal sebagai respons atas terjangan Badai Nicholas. 

Badai Nicholas berpotensi mendaratkan terpaan berangin berkelanjutan mencapai 75 mph, membawa hujan dengan potensi  banjir hingga 20 inci di beberapa daerah.

Badai Nicholas sedang melakukan perjalanan ke utara-timur laut dengan kecepatan 10 mph. Jalur Badai Nicholas terus mendekati Teluk Matagorda yang berada di bagian atas Pantai Teluk Texas pada Senin malam. 

Badai Nicholas diprakirakan akan mendarat di sepanjang pantai Texas Tenggara pada Selasa malam, waktu setempat. 

Baca Juga: Imbas Badai Ida di AS, Warga Louisiana Tertembak Mati Rebutan BBM

Badai Nicholas diprakirakan juga akan kembali mengintai Lousiana. Di mana penduduk telah lelah menghadapi cuaca harus bersiap untuk kembali basah kuyup berhari-hari. 

Kedatangan Badai Nicholas hanya dua minggu setelah Badai Ida menghancurkan negara bagian itu. Puluhan orang tewas dan wilayah permukiman di Louisiana dekat New Orleans hancur.

Weather.com. mencatat terlepas dari apakah kekuatannya mencapai sebuah kekuatan badai atau tidak, potensi kerusakannya setelah pendaratan tidak dapat disangkal. 

Gubernur Texas Greg Abbott kepada The Associated Press mengungkapkan tim penyelamat dan sumber daya di daerah Houston sudah bersiaga sepanjang pantai sebelum badai mendarat.

Sementara itu, Gubernur Louisiana John Bel Edwards mengumumkan keadaan darurat, dan memperingatkan minggu yang panjang dan basah kuyup.

“Saya mendorong siapa saja yang baru-baru ini mengalami kerusakan akibat Ida, (Badai) Laura atau bencana lainnya untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi rumah atau bisnis mereka dari bahaya tambahan. Semua warga Louisian harus memperhatikan sistem tropis ini dalam beberapa hari mendatang,” kata Edwards.

Peringatan badai Nicholas telah dikeluarkan untuk pesisir Texas dan pesisir timur laut Meksiko.

Baca Juga: Badai Ida Sisakan Kehancuran AS, Korban Tewas Bertambah Jadi 60 Orang

Pejabat Louisiana khawatir Badai Nicholas dapat merusak beberapa pemulihan listrik dan
pekerjaan pemulihan yang masih berlangsung di sekitar New Orleans setelah Badai Ida menghantam wilayah dengan badai kategori 4 yang mematikan.

Lebih dari 120.000 rumah di Louisiana masih tanpa listrik pada hari Senin, menurut PowerOutages.us, sebuah situs web yang melacak pemadaman secara nasional.

Binsar Marulitua
Binsar Marulitua

Editor who focuses on issues and news dynamics of national public. Binsar graduated in 2011, from the Institute of Social and Political Sciences, Jakarta.

Binsar has been working as a News Editor at Limapagi.id who reviews information on environmental issues, natural Phenomena, current social and political dynamics.

Binsar started his career as Society Indonesia of Environment Journalist (SIEJ), Moved to Trubus.id, the flora and fauna magazine, to enrich the contribution as a Reporter then take higher responsibility as an Assistant Editor.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.