Diduga Jadi Penyebab Kecelakaan Vanessa Angel, Kenali Bahaya dari Microsleep

LIMAPAGI - Kecelakaan yang dialami oleh Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah diduga akibat kelalaian pengemudi yang mengantuk saat menyetir. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Dr. Tirta.

Dalam akun Instagramnya, Dr. Tirta mengatakan bahwa sangat mungkin seorang pengemudi itu mengalami yang namanya microsleep atau tertidur selama kurang dari 30 detik.

Sebenarnya apa itu microsleep? Mengutip dari Healthline, Sabtu, 6 November 2021, microsleep adalah periode tidur yang berlangsung selama beberapa detik.

Baca Juga: Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Tips Cegah Kantuk saat Mengemudi

Orang yang mengalami microsleep, mungkin tertidur tanpa menyadarinya, bahkan beberapa orang merasakannya di tengah melakukan tugas penting.

Microsleep bisa terjadi di mana saja, seperti di tempat kerja, di sekolah, atau saat berkendara seperti yang dialami oleh sopir Vanessa Angel. Ada beberapa penyebab besar terjadinya microsleep.

Pertama disebabkan oleh gangguan tidur seperti insomnia, apnea tidur obstruktif dan narkolepsi. Kurang tidur bisa menjadi faktor terbesar terjadinya microsleep.

Kurang tidur biasanya dialami oleh mereka yang insomnia, bekerja shift malam, atau tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Tetapi sayangnya, microsleep bisa sulit untuk diidentifikasi karena seseorang akan tertidur tanpa disadari.

Gejala sering terjadi ketika mengalami microsleep adalah tidak merespon ketika dipanggil, tatapan kosong, kerap menundukkan kepala, tidak dapat mengingat satu atau dua menit terakhir dan berkedip lambat.

Situasi microsleep dapat terjadi pada waktu seseorang biasanya tidur. Bisa saat pagi hari ataupun larut malam.

Baca Juga:Tips Mengemudi Mobil yang Aman di Tengah Cuaca Pancaroba

Sayangnya penyebab pasti terjadinya microsleep tidak sepenuhnya dipahami, tetapi diyakini terjadi ketika bagian otak tertidur sementara bagian otak lainnya tetap terjaga.

Untuk mengobati dan mencegah microsleep, kamu hanya perlu cukup tidur di malam hari. Namun, jika kantuk tidak tertahan kamu disarankan untuk tidur sesaat selama kurang dari 30 menit.

Kemudian untuk menjaga diri kamu tetap aman saat mengemudi, disarankan untuk mengoperasikan kendaraan hanya saat merasa segar. Bisa juga ditemani oleh orang lain sehingga pengemudi dapat bertukar peran jika rasa kantuk itu datang.

KABAR LAINNYA