Sekolah akan Gelar PTM Terbatas, IDI Jabar Minta Percepatan Vaksinasi Covid-19

LIMAPAGI - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat (Jabar) menilai percepatan vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu penentu kesuksesan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, selain penegakan protokol kesehatan (prokes).

Mengingat, sejumlah daerah di Jabar yang memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  Level 2 dan 3 diizinkan untuk menggelar PTM terbatas.

"Percepatan vaksinasi di dunia pendidikan juga harus digencarkan," ucap Ketua IDI Jabar Dokter Eka Mulayana saat dihubungi Limapagi, Selasa, 31 Agustus 2021.

Baca Juga: Sekolah Gelar PTM Terbatas, IDI Jabar Ingatkan Penerapan Prokes Ketat

Ia menjelaskan percepatan vaksinasi di dunia pendidikan merupakan salah satu upaya agar PTM terbatas tidak menjadi klaster baru.

Percepatan vaksinasi Covid-19 juga sebuah cara menciptakan herd immunity di dunia pendidikan.

"Jadi ini tantangan kita semua, harus betul-betul menggerakkan semua masyarakat khusunya di dunia pendidikan agar mau divaksin supaya dikejar itu herd imunity khususnya di Jabar," tuturnya.

Sejumlah daerah di Jawa Barat bersiap untuk menggelar PTM terbatas. Hal itu dilakukan, seiring dengan menurunnya level PPKM pada beberapa daerah di Jawa Barat menjadi level 2 dan 3.

Sesuai dengan arahan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021, daerah yang masuk dalam PPKM Level 2 dan 3 boleh menggelar PTM secara terbatas.

Sejumlah daerah di Jawa Barat yang berstatus PPKM level 2 dan 3 bersiap untuk menggelar PTM terbatas. Daerah tersebut antara lain, yaitu Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Majalengka, dan Kabu Subang.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, 6 Daerah Jabar Masuk Level 2 dan 21 Lainnya Level 3

Sementara itu, 19 daerah lain masih berstatus level 3, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Indramayu.

Selanjutnya Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran. Kemudian ada Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung dan Kota Cimahi. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.