BPBD DKI Rilis Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Jakarta

LIMAPAGI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di seluruh wilayah Jakarta. Peringatan ini juga dialamatkan kepada kota-kota penyangga Ibu Kota.

"Waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang hari dan sore hari," tulis BPBD DKI melalui akun Twitternya, @BPBDJakarta, Minggu, 31 Oktober 2021.

Baca Juga: DKI Jawab Rapor Merah LBH Jakarta soal Penanganan Banjir

Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi juga akan melanda di sejumlah daerah penyangga Ibu Kota seperti Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor, pada sore hingga malam.

"Waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir & angin kencang di Jakbar, Jaktim & Jaksel pada siang & sore hari, serta di Kota Depok, Kab Bogor,Kota Bogor," tulis BPBD DKI.

Warga diimbau waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem baik hujan secara sporadis, lebat, dan durasi singkat disertai petir dan angin kencang.

Cuaca ekstrem ini berpotensi mengakibatkan bencana berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan puting beliung. Utamanya di wilayah rawan bencana.

"Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorolgi," tulis BPBD.

Baca Juga: PDIP Minta Anies Tak Cari Kambing Hitam Antisipasi Banjir Jakarta

BPBD DKI meminta warga untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan mempersiapkan menghadapi bencana banjir.

"Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112. Laporkan bila ditemukan genangan banjir melalui aplikasi JAKI," tulis BPBD DKI.
&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post