Mengenal Jupiter, Planet Gas Raksasa dengan Bintik Merah Besar

LIMAPAGI - Jupiter merupakan salah satu planet di sistem tata surya. Planet ini juga merupakan planet terbesar dan memiliki keunikan, yakni terdapat bintik merah besar.

Sejauh ini Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya dari Matahari di garis kelima. Planet Jupiter saat ini merupakan planet yang dua kali lebih besar dari gabungan semua planet lain, dikutip NASA.

Baca Juga: Kenali Merkurius, Planet Terkecil di Sistem Tata Surya

Jupiter merupakan planet gas raksasa dan tidak memiliki permukaan padat, tetapi mungkin memiliki inti dalam yang padat seukuran Bumi. Jupiter juga memiliki cincin, akan tetapi mereka terlalu redup untuk dilihat dengan baik.

Planet ini diselimuti oleh garis-garis awan yang berputar-putar, memilki badai besar seperti Bintik Merah Besar, yang telah berlangsung selama ratusan tahun. Planet ini mirip dengan bintang, tetapi tidak pernah cukup besar untuk mulai terbakar.

Awan amonia dan air yang dingin dan berangin, mengambang di atmosfer hidrogen dan helium yang dikenal sebagai garis-garis dan pusaran Jupiter.

Badai raksasa yang lebih besar dari Bumi yang telah "mengamuk" selama ratusan tahun lalu, dikenal dengan “Bintik Merah Besar Jupiter“.

Baca Juga: China Tangkap Gambar Mars Baru dari Pengorbit Tianwen-1

Saat ini, satu pesawat luar angkasa, pengorbit Juno NASA sedang menjelajahi dunia raksasa ini.

(Mutiya Rahmawati)

KABAR LAINNYA