Islandia Surganya Produk Bulu Terbaik dan Termahal di Dunia

LIMAPAGI - Islandia merupakan sebuah negara yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Negara ini dikenal memiliki beberapa pulau kecil.

Salah satu pulau terpencil yang terkenal di Islandia berada di Teluk Breidafjordur yaitu Pulau Bjarneyjar tepat di lepas pantai barat Islandia. Pulau ini dikenal sebagai pulau habitat asli dari burung eiderdown.

Baca Juga: Tren Fashion Era 90-an yang Dianggap sebagai Busana Terburuk

Bahkan di Pulau Bjarneyjar, tradisi mencari sarang yang ditinggalkan burung eiderdown telah menjadi tradisi yang diturunkan secara turun-temurun.

Burung Eiderdown merupakan burung yang memiliki serat alami terhangat di muka bumi. Maka dari itu bulu dari burung eiderdown kerap digunakan untuk membuat selimut bahkan menjadi salah satu bahan selimut terbaik dunia.

Dengan harta karun dari burung eiderdown tersebut yang membuat burung ini dikenal sebagai burung termahal di dunia. Pasalnya bulu dari burung ini dijual seharga ribuan dollar per kilogram.

Mengutip dari Global Times, Sabtu 31 Juli 2021 harga burung yang selangit ini disebabkan dari populasi burung dan bulu yang sudah cukup langka. Selain kelangkaannya, harga bulu eiderdown cukup mahal karena proses pengumpulan hingga pembersihan dilakukan secara manual.

Setiap musim panas, hampir 400 petani Islandia dengan hati-hati menyisir permukaan berlubang di bebatuan, di pasir, atau di rerumputan tinggi untuk menemukan beberapa genggam bulu abu-abu.

Kemudian untuk menghasilkan satu kilogram bulu burung eiderdown dibutuhkan sekitar 60 sarang burung. Selanjutnya ketika para petani telah mendapatkan bulu-bulu dari burung eiderdown, bulu masih harus dibersihkan dengan cermat.

Setelah bulu dipanen, salah satu perusahaan pengekspor bulu burung eiderdown memulai tahap pertama mensterilkan dan membersihkan bagian bawah dalam oven besar pada suhu 120 derajat Celcius selama delapan jam.

Langkah selanjutnya bulu burung dibersihkan guna menghilangkan kotoran lain dengan menggunakan kawat tipis. Terakhir, bulu bulu dicuci dengan air dan didesinfeksi, sebelum diperas dan dikeringkan.

Baca Juga: Tren Fashion Kekinian yang Terinspirasi dari Era 70-an

Kabarnya untuk harga satu selimut yang berasal dari bulu burung eiderdown dibanderol berkisar 640,000 Islandia Kronur atau jika dirupiahkan sebesar Rp74 Juta. Bulu terbaik dan termahal di dunia ini pun tak cuma dijadikan selimut, tapi bisa dibuat bermacam produk mulai dari bantal, jaket, hingga item fashion lainnya. 

Namun sayangnya saat ini produksi eiderdown adalah penurunan dari total produksi dunia, yang diperkirakan mencapai 175.000 ton per tahun, menurut Biro Bulu dan Bulu Internasional.

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.