Waspada Penipuan Arisan Online, Begini Ciri Pelakunya

LIMAPAGI - Pelaku kejahatan siber memiliki 1001 cara untuk meraup keuntungan dengan cara menipu korbannya. Salah satunya adalah dengan penawaran arisan online.

Dalam menjalankan aksinya, mereka biasanya mengiming-imingi uang besar dari anggota arisan yang banyak. Tentu saja, tawaran tersebut cukup menggiurkan.

Dari kasus yang pernah terjadi, uang arisan yang semestinya dikembalikan dengan jumlah lebih banyak justru dibawa kabur oleh pelaku kejahatan tersebut.

Melansir dari akun Instagram resmi Kominfo, @kemenkominfo, Senin, 28 Juni 2021, ada beberapa ciri penipu yang bisa dikenali untuk menghindari kejadian uang dibawa kabur oleh pelaku penipuan arisan online.

Biasanya mereka akan membuat grup di media sosial yang secara tiba-tiba mengundang pengguna tanpa ada izin terlebih dahulu.

Jika tidak ingin masuk ke grup tersebut, pelaku akan megirim pesan secara pribadi untuk memaksa korbannya untuk ikut. Mereka tak akan menyerah memberikan penawaran menarik terhadap arisan online buatannya.

Pelaku memasukkan siapapun ke dalam grupnya, bahkan orang yang tidak dikenal. Di samping itu, pelaku juga menyediakan testimoni arisan palsu yang menggiurkan.

Tak tanggung-tanggung, penjahat siber rela membuat banyak testimoni untuk menggaet korbannya. Parahnya, pelaku akan membuat kelompok arisan online lebih dari satu untuk memutar uang.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post