FBI Rilis Dokumen Rahasia 9/11, Bawa-bawa Nama Arab Saudi

LIMAPAGI - FBI merilis dokumen rahasia terkait penyelidikan serangan teroris pada 11 September 2001, yang dijuluki sebagai peristiwa 9/11, Sabtu kemarin waktu setempat. Nama Arab Saudi pun ikut terseret dalam perilisan dokument tersebut.

Dikutip dari Washington Post, perilisan dokumen 9/11 diperintahkan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Dalam dokumen dijelaskan ada hasil investigasi FBI soal dugaan dukungan logistik dari seorang pejabat konsuler Arab Saudi, ke dua orang yang membajak pesawat dalam peristiwa 9/11.

Akan tetapi, usai ditelisik dokumen yang dirilis FBI itu tidak memberikan bukti keterlibatan pemerintah Arab Saudi dalam rencana 9/11.

Pihak Arab Saudi belum memberikan komentar terkait perilisan dokumen 9/11. Namun, dalam sebuah pernyataan pada 8 September lalu, Arab Saudi melalui dutanya mengatakan selalu mendorong transparansi seputar tragedi 9/11

"Seperti terungkap dalam penyelidikan sebelumnya, termasuk oleh Komisi 9/11 dan rilis '28 Halaman', tidak ada bukti yang menunjukkan Pemerintah Saudi atau pejabatnya mengetahui sebelumnya tentang serangan teroris tersebut, atau dengan cara apapun terlibat," ujar pernyataan dari pihak Arab Saudi.

Baca Juga: Joe Biden Minta Dokumen Rahasia Tragedi 9/11 Dibuka

Lima belas dari 19 pembajak empat pesawat yang ditabrakkan ke menara kembar World Trade Center (WTC), New York dan gedung Pentagon di luar Washington, diklaim AS berasal dari Arab Saudi.

Akan tetapi, sebuah komisi Pemerintah AS tidak menemukan adanya bukti terkait pemerintah Arab Saudi secara langsung mendanai kelompok militan yang bertanggung jawab atas serangan itu, yakni Al-Qaeda.

Pihak Gedung Putih pun menarik kesimpulan bahwa Al Qaeda diberi perlindungan oleh Taliban di Afghanistan. Situasi itu tak ayal yang memicu invasi pasukan sekutu pimpinan AS ke Afghanistan. 

Mohamad Ivan Rida
Mohamad Ivan Rida

Experienced Journalist with a demonstrated history of working in the online media industry, such as ANTV, KapanLagi Youniverse, till Indozone. Skilled in Photography, Feature Writing, Computer Hardware, to Online Journalism. Strong media and communication professional with a Bachelor's degree focused in Communication, Journalism, and Related Programs from Institut Ilmu Sosial dan llmu Politik Jakarta.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.