Ganjar Ajak Mahasiswa Jateng Ikut Atasi Pandemi Covid-19

LIMAPAGI - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak mahasiswa Jawa Tengah untuk terjun membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan, mengingatkan masyarakat untuk disiplin melakukan protokol kesehatan.

"Mas Menteri Pendidikan bilang ada 15 ribu mahasiswa yang menjadi relawan Covid-19. Rata-rata mereka terjun di bidang kesehatan. Ada yang bantu di rumah sakit, ada yang bentu penyuluhan dan sebagainya. Ini belum cukup, kekuatan yang kita butuhkan untuk menangani pandemi masih kurang banyak, apalagi setelah masuknya varian delta," kata Ganjar Pranowo, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Pandemi Kok Ngajak Demo

Lewat video speak up diposting di sejumlah akun media sosialnya, ajakan Ganjar disambut hangat netizen. Bahkan di Twitter, tagar #MahasiswaJateng jadi trending.

Sekira pukul 14.00 WIB, tagar #MahasiswaJateng mulai naik. Ada 5.237 twit yang terekam di halaman trending topic Twitter hingga pukul 15.24 WIB. Beragam cuitan mengisi tagar tersebut yang intinya nnetizen mengapresiasi dan merespon positif seruan Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menyebut mahasiswa memiliki peran yang sangat besar dalam menggerakkan masyarakat. Untuk itu, dirinya mengajak mahasiswa Jawa Tengah untuk menjadikan pandemi ini sebagai momen untuk mengabdi dan membantu masyarakat.

"Bagi mahasiswa progam studi apa saja, ini saatnya Anda membantu masyarakat. Jadikan pandemi sebagai laboratorium keilmuan kalian semua. Cara bantunya tidak usah berat-berat mengingatkan masyarakat untuk selalu protokol kesehatan itu sudah bagus," kata dia.

Seperti, lanjut Ganjar, mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan tidak berkerumun. Meski terlihat kecil, aksi seperti ini jika dilakukan secara kontinu akan membawa dampak yang bersar di masyarakat.

"Anda punya peran yang banyak sekali. Membantu pemasaran UMKM itu juga keren. Atau kalau mau rekoso sitek (sedikit lelah) bisa seperti pemuda Rembang menjadi covid ranger," tuturnya

Baca Juga: Ganjar Blak-blakan Lapak Ganjar, Terinspirasi dari Kreasi Milenial Bandung

Ganjar menilai aksi pemuda Rembang ini sangat mengagumkan. Di mana mereka membuat dan menjual kaos, yang keuntungannya digunakan untuk membeli kebutuhan warga yang tengah isolasi mandiri.

"Mereka antar makanan, kadang mereka menelepon. Kadang ada yang pesan bakso, sate, gudeg dan macem-macem. Dia anter dengan penuh kasih sayang," ungkap Ganjar.

Sinergitas masyarakat dan pemerintah dalam menggulangi pandemi, dinilai Ganjar sebagai kunci kesukesan melawan covid. Makanya, dia tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk bersinergi melawan covid dengan melakukan 5M.

"Sekarang tidak lagi 5M. Malah jadi 1M, yakni manut," pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post