Bank BNI Rambah London, Erick Thohir Incar Inggris Jadi Tujuan Ekspor UMKM

LIMAPAGI – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berkeyakinan bahwa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat menembus pasar global. Salah satu negara yang menjadi tujuan ekspor adalah Inggris.

"Hubungan diplomatik Indonesia dengan Inggris sudah terjalin berpuluh tahun lamanya. Sejak tahun 1949 hingga saat ini. Inggris merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia termasuk mitra dagang utama di kawasan Eropa," kata Erick dalam UK SME's Business Summit 2021, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Gubernur BI: Penyaluran Kredit UMKM dari Perbankan Capai Rp1.150 Triliun

Erick menuturkan eratnya hubungan dan kemitraan antara Indonesia dan Inggris membuka peluang kerja sama di berbagai sektor, termasuk UMKM atau small medium enterprise (SME).

Untuk itu, kata Erick, keberadaan kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) yang berada di London sangatlah penting bagi para pelaku usaha.

Ia menambahkan, peluang itu terbuka untuk dimanfaatkan, terutama oleh pelaku UMKM Indonesia yang sedang didorong untuk go global.&

Ia pun mendorong BNI yang ada di London berperan sebagai bank BUMN dapat menjadi jembatan bagi para pelaku usaha serta asosiasi pengusaha diaspora UMKM di kawasan Inggris dan Eropa untuk bermitra dengan pelaku usaha di Indonesia.&

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Aneka Bantuan Berhasil Perkuat UMKM Hadapi Pandemi

Ditawarkan pula solusi bisnis yang menyeluruh, antara lain fasilitas dan layanan transportasi yang adaptif dengan tuntutan bisnis.

"Keberadaan BNI London ini kita harapkan membantu para pelaku usaha Indonesia khususnya UMKM yang ingin mengembangkan usaha dan ingin merambah Inggris Raya dan Eropa untuk bermitra dengan pelaku usaha Indonesia," ujar dia.

Oleh karenanya, Erick berharap, melalui UK SME's Business Summit dapat menjadi kesempatan bagi UMKM Indonesia untuk menggali dan mengoptimalkan potensi produknya hingga Eropa.

"Saya yakin ini adalah salah satu langkah baik dan konkret untuk memajukan UMKM Indonesia,” pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post