Dampak Badai Ida, New York Darurat Banjir Bandang dan 44 Orang Tewas

LIMAPAGI - Badai Ida menerjang New York, Amerika Serikat. Imbasnya, banjir bandang bikin jalur kereta bawah tanah tenggelam, jadwal penerbangan terganggu, dan menewaskan 44 orang warga.

Banjir bandang terjadi hampir di semua negara bagian Amerika seperti New York, Pennsylvania hingga Connecticut.

Seperti dilansir dari abc7NY, sedikitnya 13 orang, termasuk seorang balita tewas di New York saat Badai Ida menerjang dan banjir bandang dengan cepat memenuhi apartemen bawah tanah. 

Kemudian, ada tiga warga di wilayah Westchester County juga wafat imbas amukan Badai Ida.

Baca Juga: New York dan New Jersey Luluh Lantak Diterjang Badai Ida, 8 Orang Tewas

Gubernur New Jersey Phil Murphy menyampaikan kabar lewat akun Twitternya, ada 23 orang tambahan yang tewas karena badai. Sedangkan, menurut Juru Bicara daerah Kelly Cofrancisco ada tambahan korban empat orang di pinggiran kota Philadelphia akibat badai.

Sementara, menurut keterangan pihak kepolisian setempat, ada satu orang aparat negara bagian Connecticut ikut tewas setelah kapal penjelajahnya tersapu banjir di kota Woodbury.

Di antara korban tadi, tiga orang ditemukan meninggal di ruang bawah tanah wilayah Queens, Kota New York dan empat penduduk di perumahan Elizabeth, New Jersey diterjang banjir bandang dengan ketinggian 2,4 meter.

Seorang korban di Maplewood Township, New Jersey diinformasikan hanyut ketika berusaha membersihkan puing-puing dari saluran air.

Adapun seorang remaja berusia 19 tahun dikabarkan tewas pasca-menyelamatkan ibunya dari apartemen yang terendam di kawasan Rockville, Maryland.

New York Darurat Banjir Bandang

Kantor Layanan Cuaca Nasional yang melayani Kota New York mengatakan untuk pertama kalinya kantor itu mengeluarkan peringatan ‘Darurat Banjir Bandang’.

Di mana Central Park Manhattan mengalami curah hujan paling banyak dalam kurun waktu satu jam.

Peringatan darurat banjir bandang ini dikeluarkan oleh kantor New York pada Rabu malam untuk Northeast New Jersey. Kemudian, diikuti New York sendiri.

"Untuk lebih jelasnya peringatan khusus untuk NYC ini adalah kedua kalinya kami mengeluarkan Darurat Banjir Bandang (Ini yang pertama untuk NYC)," kata layanan cuaca, yang berbasis di Upton, mengatakan dalam sebuah tweet seperti dilansir Jumat, 3 September 2021.

Baca Juga: Usai Kebakaran Hutan, Turki Diterpa Banjir Bandang yang Tewaskan 38 Orang

Dengan status darurat banjir bandang, kantor tersebut menyarankan orang-orang untuk segera pindah ke tempat yang lebih tinggi. Mereka juga diimbau menghindari berjalan atau mengemudi melalui air banjir.

"Ini adalah tingkat siaga banjir tertinggi, di atas peringatan dan pengawasan," tuturnya.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.