Ganjar Pranowo: Kebanggaan Luar Biasa Indonesia Jadi Presidensi G20

LIMAPAGI &- Kabar Indonesia menjadi Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of 20 (G20) yang diselenggarakan mulai 1 Desember 2021 hingga November 2022 memantik perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menurutnya kepercayaan tersebut merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Mudah-mudahan ini bisa menunjukkan harkat martabat kita sebagai bangsa yang besar. Hari ini ditunjukkan betul bahwa Pak Jokowi sedang hadir di Italia, untuk menyiapkan transisi kepemimpinan G20. Itu kebanggaan yang menurut saya sangat luar biasa sebagai sebuah bangsa,” kata Ganjar, saat hadir dalam penutupan Solo Great Sale (SGS) 2021, Kota Surakarta, Minggu, 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Kedatangan Ganjar Pranowo di Papua Disambut Tarian Kethek Ogleng

Ganjar menjelaskan, pemberian kepercayaan sebagai leader G20 tersebut membangkitkan optimisme bangsa ini untuk bangkit. Apalagi saat ini dalam peta Covid-19 di dunia, Indonesia termasuk dalam level satu atau kelas dunia.

“Kita vaksin the best, pengelolaan bagus, dan dalam peta Covid-19 ini Indonesia termasuk dalam level satu, kelas dunia. Maka cukup membanggakan ketika presiden kita hari ini berada di Italia, disambut dengan luar biasa dan akan menjadi leader dari G20. Belum ada sejarahnya dan baru kali ini. Ini optimisme yang akan kita bangun,” katanya, didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kesempatan itu Ganjar mengapresiasi semangat pemerintah daerah dalam membangkitkan perekonomian masyarakat pasca diterjang gelombang kedua pandemi covid. Dan kepala daerah memiliki peranan penting dalam menggerakkan perekonomian di daerahnya.

Baca Juga: Jokowi dan Ganjar Pranowo Tinjau Vaksinasi Massal BIN di Cilacap

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang hampir setiap hari mendorong masyarakatnya untuk mengembangkan ide-ide kreatif. Ide kreatif ini yang kemudian menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Di tengah situasi sulit ini ternyata kolaborasi dari berbagai pihak di Solo, bisa mencoba memiliki tips agar ekonomi kembali bangkit. Dari target Rp800 miliar bisa dapat Rp1,1 triliun. Ini semangat luar biasa," katanya.

Ganjar berharap semangat yang membuahkan hasil itu bisa dicontoh oleh daerah lain. Tentunya dengan cara yang bermacam-macam agar perekonomian kembali bangkit.

“Membangkitkan ekonomi yang kreatif dan memunyai ekosistem baru, maka pada tahun 2022 kita bisa lari kencang. Peluangnya sangat terbuka sekali. Terus berjuang, berikhtiar, berdoa, bekerja sama, dan saling tolong menolong,” ungkapnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post