Penjelasan YouTube soal Pembaruan Terms of Service yang Berlaku 5 Januari 2022

LIMAPAGI - Pemilik akun Gmail mendapatkan email dari YouTube yang berisikan 'Updates to YouTube's Terms of Service'. Tertulis bahwa perusahaan melakukan pembaruan Terms of Service yang berjalan mulai 5 Januari 2022.

Tidak perlu khawatir terkait email tersebut karena ini merupakan informasi pembaruan yang rutin dan diinformasikan oleh YouTube kepada para penggunanya.

Baca Juga: YouTube Tindak 120 Ribu Video yang Eksploitasi Anak di Bawah Umur

“Kami membuat beberapa pembaruan rutin pada Persyaratan Layanan (Terms of Services) kami untuk memudahkan semua orang memahami apa yang dapat mereka harapkan saat menggunakan YouTube. Ini termasuk menyederhanakan bahasa semampu kami dan memberikan lebih banyak detil di area lain untuk lebih meningkatkan transparansi," kata perwakilan YouTube kepada Limapagi.id, Rabu (24/11/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, “Tidak ada perubahan pada cara kerja produk kami, cara kami mengumpulkan atau memproses data, atau pengaturan siapa pun.  Perubahan ini tidak akan memengaruhi cara orang menggunakan YouTube".

Berdasarkan email yang dikirim oleh YouTube, bisa ketahui bahwa perusahaan ingin lebih banyak transparansi tentang bagaimana perusahaan mengembangkan, meningkatkan, dan memperbarui layanan.

Perusahaan misalnya mengganti bagian 'Changes to the Service' menjadi 'Develop, Improve and Update the Service'. Setiap pengguna YouTube harus mematuhi Pedoman Komunitas.

Dalam YouTube Terms of Service yang diperbarui ini, perusahaan juga memindahkan kalimat yang menjelaskan kemampuan Anda untuk mengekspor konten dari bagian 'Account Suspension and Termination' ke bagian Develop, Improve and Update the Service.

Baca Juga: Cegah Cyberbullying, YouTube bakal Hilangkan Jumlah "Dislike"

YouTube juga menuliskan batasan usia para penggunanya. Dalam Terms of Service, tertulis bahwa pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk menggunakan Layanan. Akan tetapi, anak-anak dari segala usia dapat menggunakan Layanan dan YouTube Kids (jika tersedia) apabila diaktifkan oleh orangtua atau wali yang sah.
 

Ahmad Luthfi
Ahmad Luthfi

An editor who focuses on news about technology.

As an editor at limapagi.id, Luthfi focuses on news related to gadgets, technology, games to science.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post