KSEI Luncurkan Modul e-Voting, Investor Bisa Ikut RUPS Online

LIMAPAGI - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) merilis modul electronic voting (e-Voting) pada platform Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) elektronik eASY.KSEI. Fitur utama modul tersebut adalah webinar RUPS secara live streaming, yang memungkinkan kehadiran investor atau pemegang saham dan pemberian kuasa secara elektronik.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda, kebutuhan akan adanya platform elektronik untuk penyelenggaraan kegiatan secara daring menjadi salah satu kebutuhan utama, tidak terkecuali bagi industri pasar modal. eASY.KSEI merupakan platform elektronik yang dapat digunakan investor untuk memberikan suara dan menyaksikan pelaksanaan RUPS secara daring.

"Pengembangan eASY.KSEI merupakan upaya KSEI untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan RUPS emiten. Selain itu, KSEI juga berharap bahwa eASY.KSEI dapat meningkatkan partisipasi investor untuk menghadiri RUPS, terutama di masa pandemi Covid-19 karena adanya pembatasan mobilitas masyarakat. Nilai investasi untuk pengembangan platform eASY.KSEI tersebut sekitar Rp17,5 miliar," kata Uriep dalam keterangan di Jakarta, Selasa 29 Juni 2021.

Tahun lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan KSEI sebagai penyedia sistem penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Secara Elektronik (e-RUPS) dan meluncurkan eASY.KSEI (electronic general meeting system) dengan modul e-Proxy. Uriep menambahkan, pada hari pertama peluncurannya, eASY.KSEI langsung digunakan oleh 10 emiten untuk penyelenggaraan 15 RUPS.

Penerapan eASY.KSEI sesuai dengan kondisi demografi serta karakteristik investor pasar modal Indonesia. Berdasarkan data Single Investor Identification (SID) yang tercatat di KSEI hingga 24 Juni 2021, jumlah investor saham telah mencapai 2.493.315, dengan jumlah investor yang berdomisili di Jakarta sekitar 17 persen. Sedangkan sisanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 36 persen investor memiliki lebih dari satu saham. Dari sisi profil investor pasar modal, saat ini sekitar 60 persen investor didominasi oleh milenial dan generasi Z yang fasih dengan teknologi daring dan digital.

Pengembangan eASY.KSEI merupakan hasil kerja sama dengan Merkezi Kayit Kurulusu (MKK), lembaga Kustodian sentral Turki. CEO and Broad Member MKK Arikan mengatakan, peluncuran modul e-Voting pada eASY.KSEI merupakan tonggak sejarah dan kisah sukses bagi MKK dan KSEI.

"Platform ini dikembangkan dengan standar tinggi dalam tata kelola perusahaan, yang merupakan elemen kunci untuk meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong peluang investasi lintas batas," ujar Arikan.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post