Kritikan BEM UI Disebut Tunjukkan Negara sedang Tidak Baik-baik Saja

LIMAPAGI - Ketua Bidang Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta, Ristan Alfino Addakhil menyebut apa yang dilakukan BEM UI atas kritik terhadap Presiden Joko Widodo patut diacungi jempol. Menurut dia ini adalah imbas dari adanya pendidikan yang baik

“Pendidikan itu, sejatinya membebaskan dan memerdekakan. Oleh sebab itu, setiap insan yang terdidik harus mampu menjadi pencerah di manapun mereka berada,” kata Ristan, dalam keterangannya, Selasa 29 Juni 2021.

Menurut Ristan, sikap dari BEM UI itu juga sekaligus menunjukkan bahwa negara ini memang sedang tidak baik-baik saja.

“Keberanian BEM UI mengeluarkan statemen tentang presiden Jokowi ‘The King of Lip Servic’ patut diacungi jempol. Karena, teman-teman ini mencoba mengkritik sekaligus mengabarkan bahwa negara kita tidak baik-baik saja,” ujar dia.

Menurut dia, hal Ini adalah konsekuensi logis dari pendidikan tadi, yaitu keberanian mengeluarkan pendapat. Apalagi, yang mengeluarkan pendapat ialah mahasiswa.

Di alam demokrasi sekarang, sambungnya, kebebasan pendapat adalah hal yang lumrah saja. Bakal sangat tidak baik menurutnya kalau dibungkam apalagi sampai pihak rektorat UI memanggil mereka.

“Ditambah lagi, komentar dari Menko PMK, Muhadjir Effendi yang menyatakan kalau pernyataan BEM UI itu tidak mencerminkan insan akademisi,” ungkap dia.

Ristan mengaku tergelitik mempertanyakan insan akademisi versi Menko itu seperti apa? Mengingat, Muhadjir juga tidak lain adalah seorang pendidik.

“Sistem pendidikan kita sudah diubah yang sejatinya menjadikan manusia-manusia merdeka, atau menjadi robot yang dibungkus dengan kemasan yang namanya manusia?” tanya dia.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post