Fadjroel Rachman Jadi Dubes, Siapa Jubir Jokowi?

LIMAPAGI - Fadjroel Rachman resmi dilantik menjadi Duta Besar Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 25 Oktober 2021. Situasi demikian membuat kursi Juru Bicara Presiden kosong, mengingat belum diumumkan pihak Istana sampai saat ini.

Limapagi.id pun mencoba mengonfirmasi sosok pengganti Fadjroel sebagai Jubir Presiden Joko Widodo kepada pihak Istana. Namun, sampai saat ini belum ada respons terkait hal tersebut.

Kendati demikian, pihak Istana pernah memberikan sinyal soal pengganti Fadjroel. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, menjelaskan ada kemungkinan tidak ada lagi posisi juru bicara presiden.

"Bisa jadi (Jokowi tak tunjuk jubir lagi). Pertama tentu, seberapa jauh tingkat urgensi dan kebutuhan yang nanti Pak Presiden lihat. Selama ini juga berjalan normal saja kan," kata Ngabalin pada Juni 2021. &

Lebih lanjut, Ngabalin menjelaskan posisi jubir presiden bergantung pada kebutuhan dan keinginan Jokowi. Alur komunikasi dari pihak Istana ke masyarakat pun diklaim tanpa masalah, meski tanpa juru bicara presiden.

Baca Juga: Jokowi Lantik 17 Duta Besar, Fadjroel Rachman Jadi Dubes Kazakhstan&

"Selama ini kan juga berjalan dengan baik tanpa ada halangan, sehingga apakah nanti bapak presiden mau menunjuk lagi juru bicara baru dengan staf khusus Komunikasi itu tentu Bapak Presiden yang tahu dan seberapa tahu tingkat kebutuhannya," lanjut Ngabalin.

Fadjroel menjadi Jubir Presiden sejak 21 Oktober 2019. Dia pun merangkap jabatan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi.

Sebagai Jubir Jokowi, Fadjroel menggantikan Johan Budi Prasetyo. Johan diganti karena terpilih sebagai Anggota DPR dari PDIP pada Pemilu 2019.&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post