Kiat Sukses untuk Pelaku UMKM

LIMAPAGI - Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) menjadi bisnis yang menggiurkan saat ini. Banyak bermunculan pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Banyak yang meraih kesuksesan. Namun, tak sedikit juga pelaku UMKM yang muncul di masa pandemi mengalami kegagalan.

"Kalau mau bisnis, mau offline atau online, yang penting kita harus bekerja keras dan jangan cepat menyerah. Semuanya itu butuh proses," ujar Sitya Giona Nur Alam, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Garnita Malahayati Partai NasDem Provinsi Sultra, dalam wawancaranya di sebuah podcast, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sitya Giona Nur Alam Sang Pendobrak Stigma

"Contoh membangun brand, tak semua orang langsung tahu. Emang sulit, tapi semua itu proses dan harus dijalani dan dinikmati," lanjutnya lagi.

Sementara untuk pelaku UMKM yang sudah sukses, Giona Nur Alam menyarankan untuk tidak cepat puas. Kepuasan bisa menjadi batu sandungan.

"Jangan cepat puas dengan apa yang kita dapat. Gali lagi apa yang bisa kembangkan," tutur putri dari anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam, tersebut.

Giona Nur Alam mengaku senang sekali sudah banyak entrepreneur-entrepreneur muda dari Sultra, khususnya Kendari, yang muncul. Dia menilai, mereka sudah mau membuka pikirannya untuk berwirausaha

"Kalau dulu sangat sedikit sekali. Sekarang banyak yang semangat kerja, mengumpulkan modal untuk usaha," katanya

Sitya Giona Nur Alam sendiri dikenal sebagai pengusaha muda sukses di Sultra. Dia memiliki beberapa usaha, termasuk di bidang kuliner. Dia mengaku, usaha yang dirintisnya berawal dari bawah dengan penuh perjuangan.

KABAR LAINNYA