Wakil Ketua DPR Prioritaskan Wisma Kopo Jadi Lokasi Isoman Anggota DPR

LIMAPAGI - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menekankan bahwa Wisma DPR yang berlokasi di kawasan Kopo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan menjadi tempat prioritas untuk fasilitas isolasi mandiri (isoman) bagi Anggota DPR RI dan pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI.

Dasco mengatakan, Wisma kopo memiliki banyak kamar yang dapat digunakan sebagai tempat isoman.

“Berdasarkan skala prioritas yang pertama kami menyiapkan lebih dahulu adalah Wisma Kopo. Wisma Kopo itu adalah fasilitas kepunyaan DPR yang kemudian mempunyai juga banyak kamar. Nah kalau di sana kemudian penuh, itu kemudian berjaga-jaga ada di dua tempat yang kemudian disiapkan oleh kesetjenan," kata Dasco melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Anggota DPR Covid-19 Isoman Gratis di Hotel Bintang 3, Begini Fasilitasnya

Politikus Partai Gerindra ini memastikan, fasilitas isoman yang disiapkan Setjen DPR RI bukan hanya untuk Anggota DPR, melainkan meliputi Tenaga Ahli (TA) hingga staf di lingkungan DPR RI.&

“Saya perlu jelaskan, yang disiapkan fasilitas isoman itu bukan hanya anggota DPR, tetapi meliputi tenaga ahli kemudian staf DPR, staf anggota DPR dan ASN yang berada di lingkungan DPR. Jadi tidak khusus hanya anggota DPR,” ujar Dasco.

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI itu juga memastikan, langkah tersebut merupakan upaya dalam menekan laju penyebaran Covid-19 serta menjaga lingkungan DPR dari dampak yang ditimbulkan akibat penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR mewakilkan negara menyediakan fasilitas hotel berbintang untuk anggota DPR yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terinfeksi Covid-19.

Pengadaan itu diketahui lewat surat berkop Sekretaris Jenderal DPR yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Indra Iskandar. Surat tertanggal 26 Juli 2021 tersebut ditujukkan kepada anggota DPR.

Dalam pelaksanaanya, Sekretaris Jenderal DPR bekerjasama dengan hotel yang terdapat di Jakarta Pusat. Sementara landasannya mengacu kepada Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan Negara Nomor 308 Tahun 2020 dan SE Dirjen Perbendaharaan Negara Nomor 369 Tahun 2020.

Bangunan lokasi isoman anggota DPR ini hotel bintang tiga. Data lain yang diperoleh Limapagi menjabarkan tiap anggota DPR yang ingin memanfaatkan hotel untuk isoman itu diminta untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi formulir online.

Baca Juga: Pengamat Kritisi Anggota DPR Soal Jatah Isoman di Hotel Bintang 3

Selanjutnya anggota DPR positif Covid-19 diminta untuk menginformasikan kepada petugas Satuan Covid-19 Sekretaris Jenderal DPR melalui pesan Whatsapp. Sementara batas check in hotel lokasi isoman anggota dewan tertera pukul 14.00 WIB sementara check out pukul 12.00 WIB.

Adapun anggota DPR yang memanfaatkan hotel untuk isoman Covid-19 tersebut mendapatkan sejumlah fasilitas, yaitu:

1. Makan sehari tiga kali (pagi, siang, dan malam);
2. Cuci pakaian atau laundry tanpa biaya sebanyak tiga potong baju per hari;
3. Free Wi-Fi dan parkir;
4. Konsultasi dokter melalui telepon setiap hari dengan Dr Fahri dari Laboratorium Amelia Clinic dan Prolepsis;
5. Kunjungan dokter atau perawat 2-3 kali memperoleh vitamin;
6. Satu kali tes PCR (hari ke-7 isoman).

Fitang Budhi Adhitia
Fitang Budhi Adhitia

Fitang Budhi Adhitia is a news editor with 7 years of experience overseeing and analyzing news. Some of the experiences are production assistant for Inews TV and also news reporter for detik.com and IDN Times. Fitang specializes in political news and is responsible for deciding the priority and importance of news articles

KABAR LAINNYA

Discussion about this post