Satgas Covid-19 Terbitkan Aturan Baru Bepergian: Tak Boleh Bicara, Makan & Minum

LIMAPAGI – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerbitkan aturan baru mengenai pengetatan protokol kesehatan (prokes) bagi orang-orang yang melakukan perjalanan atau berpergian.

Aturan ini, termuat dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

“Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi prokes 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer,” kata SE tersebut.

Pelaku perjalanan juga diwajibkan menggunakan masker dengan benar, yaitu menutupi hidung dan mulut. Jenis masker yang digunakan adalah masker kain tiga lapis atau masker medis.

Baca Juga: Masa Karantina Pelaku Perjalanan Internasional Diperpendek Jadi 5 Hari

Selain itu, dalam beleid teranyar mereka yang bepergian dengan menggunakan moda transportasi umum darat, kereta api, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara tidak diizinkan berbicara.

“Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan,” menurut SE terbaru ini.

Dalam kebijakan itu, orang yang berpergian pun tidak diperbolehkan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan dengan durasi yang kurang dari dua jam. Kecuali, individu yang harus mengkonsumsi obat.

SE tersebut sudah ditandatangani Kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Tujuan dari SE ini adalah demi melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post