Afghanistan Buka Kembali Penerbangan Domestik Usai Dikuasai Taliban

LIMAPAGI - Ariana Afghan Airlines melanjutkan beberapa penerbangan di Afghanistan antara Kabul dan tiga kota provinsi besar di wilayah itu pada Sabtu, 4 September 2021. Tim teknis dari Qatar juga membuka kembali bandara ibu kota untuk bantuan dan layanan domestik.

Dalam sebuah pernyataan, maskapai itu mengatakan penerbangan antara Kabul dan kota barat Herat, Mazar-i Sharif di Afghanistan utara dan Kandahar di selatan, telah dimulai.

"Ariana Afghan Airlines dengan bangga melanjutkan penerbangan domestiknya," katanya dilansir dari Channel News Asia, Senin, 6 September 2021.

Baca Juga: Perjuangan Perempuan Afghanistan Menuntut Haknya Dibalas Gas Air Mata Taliban

Sebelumnya, duta besar Qatar untuk Afghanistan mengatakan, tim teknis membuka kembali bandara Kabul untuk menerima bantuan. Landasan pacu bandara juga telah diperbaiki bekerja sama dengan pihak berwenang di Afghanistan.

Pembukaan kembali bandara menjadi prioritas tinggi Taliban ketika mereka berusaha memulihkan ketertiban usai menguasai Kabul sejak 15 Agustus 2021.

Baca Juga: Putin Sindir 20 Tahun AS di Afghanistan: Hasilnya Hanya Tragedi

Bandara Kabul sebelumnya ditutup sejak berakhirnya pengangkutan udara besar-besaran yang dipimpin Amerika Serikat (AS) terhadap warganya, warga negara barat lainnya, dan warga Afghanistan yang membantu negara-negara barat.

Berakhirnya evakuasi puluhan ribu orang itu menandai penarikan pasukan AS terakhir dari Afghanistan setelah 20 tahun perang. Taliban menjanjikan perjalanan yang aman bagi mereka yang ingin pergi.

Axel Joshua Halomoan Raja Harianja
Axel Joshua Halomoan Raja Harianja

Axel joined Limapagi.id since March 2021. Axel has duties as a reporter and assistant editor.

At Limapagi.id, Axel focuses on handling national issues, especially law issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.