Akui Nyabu saat Jadi Host Bareng Mamah Dedeh, Ini yang Buat Abdel Tobat

LIMAPAGI - Pelawak sekaligus presenter televisi Indonesia, Abdel, membuat pengakuan yang mengejutkan. Dalam kanal YouTube Vincent dan Desta, pemilik nama lengkap Abdel Achrian tersebut menceritakan kisah masa kelamnya yang terjerumus ke dalam barang haram narkoba.

Rupanya, Abdel telah mengenal narkoba sejak tahun 1994, yang saat itu didominasi oleh putaw. Selama enam tahun, Abdel bergelut dengan putaw.

“Putaw dari 1994-2000. Setelah itu berhenti. Lama berhenti, Alhamdulillah. Habis itu? Nyabu,” cerita Abdel di kanal YouTube Vindes, yang dikutip Senin, 10 Januari 2022.

Baca Juga: Artis yang Tertangkap Kasus Narkoba Sepanjang Tahun 2021

Abdel menceritakan selama enam tahun tersebut, dirinya harus jatuh bangun agar bisa berhenti dari narkoba. Namun, bukannya berhenti, Abdel justru jatuh ke narkoba jenis lain yakni Sabu.

“Nyabu itu sekitar tahun 96 masuk Indonesia. Jadi pada saat orang kebingungan gimana cara berhenti putaw, datang tuh si sabu, bilang kalau mau berhenti putaw, pake ini sehingga orang-orang pake putaw juga sabu juga. Karena maboknya beda, sabu nggak menggantikan putaw,” kata Abdel.

Bahkan, Abdel menceritakan bahwa dirinya masih nyabu saat menjadi pembawa acara agama barsama Mamah Dedeh. Ia mengatakan kala mengisi acara tersebut, memang belum sepenuhnya bersih dari narkoba.

“Saat itu masih ada sabu-sabunya lah. Makanya Mamah Dedeh gedeg banget sama gue dia bilang, 'gue ditemenin sama orang kayak gini'," ungkap Abdel.

Ditanya oleh Desta apakah Mamah Dedeh tahu hal tersebut, Abdel pun mengiyakan.

“Akhirnya gua tahu kalau dia tahu,” terang Abdel.

13 tahun membawakan acara religi bersama Mamah Dedeh, ternyata membuat komedia berusia 52 tahun tersebut bertobat. Sering mendengarkan berbagi masalah dari para majelis taklim membuat Abdel sadar bahwa masalah dirinya tidaklah lebih besar.

“Di acara Mamah Dedeh itu gua setiap hari bertemu dengan emak-emak majelis taklim yang curhat bermacam-macam permasalahan yang akhirnya bikin gua sadar permasalahn gua nggak sebesar itu. Akhirnya gw membatasi diri untuk melakukan hal-hal yang nggak semestinya karena ada acara itu. Jadi gw menahan napsu juga,” jelas Abdel.

Selain itu, nasihat dari Mamah Dedeh juga membuat seorang Abdel berubah. Mamah Dedeh diakui Abdel telah membawa pengaruh positif ke dalam kehidupannya.

“Milsanya gini, ‘Del, lu cari sineteron jangan kaya gitu lah’. Pas itu kan masih ada cewe2 seksi. ‘Lu kan bawain acara ini. Perlakuan lu juga harus mencerminkan acara ini’,” cerita Abdel.

Baca Juga: Aktor Muda Naufal Samudra Ditangkap Lagi atas Kasus Narkoba

Abdel akhirnya sadar dengan apa yang diperbuatnya. Ia pun merasa apa yang dikatakan Mamah Dedeh ada benarnya.

"Ya, lama-lama bener juga. Bawa pengaruh yang positif buat hidup gw,” ucapnya.

Kini, Abdel mengaku telah benar-benar bersih dari narkoba. Bahkan, alkohol pun juga tak pernah disentuhnya.

“Gw stop sama sekali. Minum ngga, sedikit pun. Semua udah ngga lah,” pungkasnya.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food.

KABAR LAINNYA