Mau Beli Sepeda Motor Bekas, Ini yang Wajib Diperhatikan

LIMAPAGI - Harga sepeda motor di awal 2022 terpantau cukup stabil, tidak mengalami kenaikan maupun penurunan. Tak hanya itu, kondisi ini juga terjadi di sepeda motor bekas.

Tak heran jika konsumen lebih memilih untuk membeli sepeda motor bekas dengan alasan harga yang sangat terjangkau. Meski demikian, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk meminang kendaraan ini.

Baca Juga: Ditangkap KPK, Ini 4 Mobil Mewah yang Dimiliki Walikota Bekasi Rahmat Effendi

Berikut adalah tips sebelum membeli sepeda motor bekas yang dirangkum Limapagi.id dari berbagai sumber, Kamis, 6 Januari 2022.

1. Kenali harga pasaran motor
Penting sekali untuk tahu harga pasaran motor baru dan bekas. Hal ini untuk mencegah penipuan.

2. Cek nomor rangka dan mesin motor
Periksa nomor rangka dan mesin motor, kemudian sesuaikan dengan nomor yang tertera pada STNK maupun BPKB. Jangan sampai ada yang terlewat dari nomor tersebut.

3. Periksa kelengkapan surat-surat
Ini adalah langkah penting sebelum membeli sepeda motor bekas. Jika salah satu surat-surat (STNK dan BPKB) tidak lengkap, sebaiknya jangan memaksakan untuk membeli.

4. Cek kondisi fisik
Periksa kondisi fisik sepeda motor seperti bodi, spion, mur baut, dan lain sebagainya. Periksa juga apakah terlihat banyak goresan,
retak atau pecah.

Baca Juga: Kena OTT KPK, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Berharta Rp6,3 Miliar

5. Hidupkan mesin motor
Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa di stater atau langsam. Pastikan bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin dan asap yang keluar dari knalpot.

6. Cek Fungsi Speedometer
Speedometer harus bisa berkerja dengan baik karna fungsinya sebagai pusat informasi. Selain itu, pastikan indikator panelnya tidak ada yang bermasalah atau mati.

(Safa Azzura Lestari)

KABAR LAINNYA