Situs Sekretariat Kabinet Diretas, Muncul Pesan Kritik ke Pemerintah

LIMAPAGI - Situs resmi Sekretariat Kabinet yaitu setkab.go.id mengalami peretasan. Hingga pukul 09.45 pada Sabtu 31 Juli 2021 ini, tampilan situs berubah dari biasanya.

Pada laman depannya, tampilan situs berubah menjadi serba hitam. Kemudian ada foto seorang remaja memegang bendera merah putih.

Di bawahnya kemudian terdapat tulisan Padang Blackhat dan Anon Illusion Team. Juga tertulis Pwned By Zyy Ft Lutfifake. Disinyalir nama-nama tersebut adalah sebutan pihak yang bertanggung jawab melakukan peretasan itu.

Tidak hanya itu, juga terdapat pesan di laman situs. Di situ tertulis: Kekacauan Dimana Mana, Indonesia Sedang Tidak Baik Baik Saja. Rakyat Harus Dirumah Tanpa Ada Dispensasi Dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress dan Depresi.

Kemudian juga ada tulisan: Penguasa Menikmati Dunia nya Sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Dimana Keadilan di Negeri Ini?

Peretas juga menyinggung soal Pancasila. Disebutkan bahwa Pancasila hanya menerapkan sila pertama saja yaitu: Ketuhanan yang maha esa. Sementara sila kedua dan kelima dikatakan tidak ada.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari pihak Setkab untuk menanggapi peretasan ini.

Reza Fajri
Reza Fajri

Reza is a senior reporter focusing on politic, law, environment and national issues. He has been a journalist since 2014. 

He has long covered the National Police Headquarters, Parliament, Presidential Palace and various other places. He also has interviewed many important figures. Having worked as a reporter for national online media and other publications.

Education: Jakarta Islamic State University, BA in communication and broadcasting.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.