PPKM Darurat, Jokowi Tunjuk Luhut Komandoi Jawa dan Bali

LIMAPAGI - Kebijakan pemerintah dalam menangani ledakan Covid-19 kembali diubah. Dalam skema Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah ditunjuk Presiden Jokowi sebagai koordinator Pulau Jawa dan Bali.&

"Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali," kata Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 29 Juni 2021.

Jodi mejelaskan, kebijakan PPKM Mikro Darurat masih dibahas rician detailnya terkait pengetatan yang akan diambil. Masyarakat diminta untuk tak panik terhadap segala perubahan dalam kebijakan PPKM darurat tersebut.

Ia memastikan supermarket, mal dan sektor-sektor esensial lainnya akan tetap beroperasi dengan jam operasional yang dipersingkat dan protokol kesehatan yang ketat.

Jodi juga mengingatkan agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, melakukan vaksinasi bagi mereka yang sehat dan terus waspada.

Sebelumnya, wacana perubahan kebijakan PPKM Mikro Darurat mulai dilaksanakan saat Menteri Luhut rapat secara daring bersama sejumlah kepala daerah termasuk Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Kepala Biro Umum, Humas, dan Protokol Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, jika berjalan sesuai rencana pemberlakuan PPKM Darurat akan dilaksanakan mulai 3 Juli 2021.&

Ia &mengatakan dalam PPKM Darurat akan dilakukan pengetatan didasarkan laju penularan dan kapasitas respons sesuai standar WHO dalam empat tingkat.&

Tetapi, kebijakan tersebut belum bisa dijabarkan teknisnya karena masih menunggu persetujuan pemerintah pusat.&

"Teknis pengetatan akan disampaikan setelah ada pengumuman dari Presiden RI. Tadi pemerintah pusat minta seluruh peserta memberikan masukan terhadap rencana pemberlakuan PPKM Darurat tersebut," katanya, Selasa, 29 Juni 2021.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melaporkan, hingga &Selasa, 29 Juni 2021 jumlah &kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 20.467 orang. & Penambahan sepanjang Maret 2021 tercatat total &2.156.465 orang.
&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post