Anies Baswedan Dianugerahi Gelar Kehormatan dari Bamus Betawi

LIMAPAGI - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianugerahi gelar kehormatan tokoh Betawi dari Majelis Adat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Gelar tersebut diberikan kepada sosok yang dinilai telah berjasa dalam membangun Ibu Kota.

"Keberadaannya signifikan dan strategis guna sinergitas dalam rangka pembangunan kota Jakarta yang berbudaya tinggi dengan daya dukung nilai-nilai religius," ujar Sekertaris Majelis Adat Bamus Betawi, Abdul Chair Ramadhan dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu, 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Pesan Anies untuk Atlet DKI yang Berlaga di Pekan Paralimpik Nasional

Disebutkan, pemberian gelar kehormatan ini merupakan salah satu tujuan dari kedudukan Bamus Betawi sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2015.

Dalam aturan tersebut mengatur tentang pelestarian kebudayaan Betawi sebagai organisasi induk masyarakat Betawi sekaligus mitra resmi pemerintah daerah dalam pelaksanaan seluruh kegiatan pelestarian kebudayaan Betawi.

Baca Juga: Anies Baswedan: JIS adalah Simbol Jakarta Kota Ramah Lingkungan

Abdul menuturkan, sehubungan dengan penghormatan kepada para tokoh yang telah berjasa bagi kemajuan masyarakat hukum adat Betawi dan peradaban kota Jakarta, sudah selayaknya Gubernur Anies diberikan penganugerahan gelar kehormatan.

Penganugerahan gelar kehormatan oleh Majelis Adat Bamus Betawi, katanya lebih lanjut, bertujuan untuk membangun keteladanan dan memotivasi para generasi penerus dalam rangka Dharma bakti kepada bangsa dan negara.

Selain Gubernur Anies, sejumlah tokoh berpengaruh yang mendapat gelar kehormatan di antaranya, Mayjen. TNI (Purn) Dr (HC). H. Eddie Marzuki Nalapraya, Letjen. TNI (Purn) Dr (HC) H. Sutiyoso, Dr. Ing dan H. Fauzi Bowo.

Baca Juga: Korban Gusuran Proyek Rusunami Petamburan Adukan Anies ke Ombudsman

Kemudian gelar kehormatan juga diberikan kepada H. Prasetyo Edi Marsudi, S.H, Prof. Dr. K.H. Syukron Ma'mun, B.A, H. Abraham Lunggana, S.H, H. Mohamad Taufik, Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H., M.Si, Merry Hotma, S.H dan H. Chaeruddin.

"Gelar kehormatan yang diberikan adalah, Pemuka Utama Budaya Betawi dan Pemuka Madya Budaya Betawi oleh Ketua Majelis Adat Bamus Betawi Nuri Taher," tandasnya.&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post