PBESI Siap Gelar Eksibisi Esport Papua XX 2021

LIMAPAGI - Pengurus Bear Esports Indonesia (PBESI) siap menggelar Eksibisi Esports PON xx Papua 2021 yang resmi di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa, 21 September.

Bambang Sunarwibowo, Wakil Ketua Umum PBESI mengatakan kalau penyelenggaraan eksibisi ini memiliki misi dan makna yang luas. Pasalnya ajang itu akan menjadi barometer prestasi esports nasional yang dibina oleh daerah.

Baca Juga: Esports Resmi Jadi Cabor Ekshibisi di PON XX Papua

Selain itu juga diharapkan dapat mendorong laju ekonomi kreatif digital yang digerakan oleh pertumbuhan industri game lokal. Sementara itu, Bambang juga ingin mengenalkan kepada dunia potensi esports nasional.

“Ekosistem esports mencakup berbagai bidang, dari olahraga dan sportainment, industri digital seperti pengembang dan platform-platform gim, e-commerce, teknologi finansial, media, hingga pariwisata.”

“Melalui Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 yang kami gelar hingga 26 September nanti, kami ingin menyampaikan pesan kepada dunia tentang potensi besar industri esports Indonesia.”

“Tak hanya itu kesiapan Indonesia menjadi penyelenggara esports-tourism berskala internasional, dan optimisme akan terwujudnya visi Indonesia Emas sebagai kekuatan ekonomi digital dunia pada 2045,” ujar Bambang.

Di sisi lain, sebanyak 188 atlet dari 48 tim yang berasal dari 25 provinsi telah berhasil lolos dari babak kualifikasi Pra-Pon. Mereka selanjutnya akan bersiap merebut tahta terbaik di Bumi Cendrawasih.

Sebelumnya, pada 25 Agustus – 5 September sebanyak 205.692 pendaftar melakukan babak kualifikasi tingkat provinsi. Lalu babak kualifikasi Pra-Pon pada 7-14 September untuk meraih tiket ke Papua.

Tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, Papua dan Papua Barat menjadi provinsi-provinsi yang meloloskan atlet-atletnya di keseluruhan kategori pertandingan.

Baca Juga: Bigetron Infinity dan Onic Esports Wakili Indonesia di Turnamen Wild Rift SEA Icon Series

“Menariknya, kekuatan esports tanah air terlihat makin merata dan tidak lagi didominasi oleh Pulau Jawa.”

“Pentas babak utama Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 akan menyuguhkan kepiawaian talenta-talenta potensial dan tim-tim kuat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia,” tutupnya.

KABAR LAINNYA