Harga Bitcoin Tembus Rp610 Juta dan Terus Naik, Ini Penyebabnya

LIMAPAGI - Pasar mata uang kripto mulai bergairah setelah lembaga keuangan Amerika Serikat (AS) ramai-ramai meyediakan layanan untuk produk Bitcoin (BTC) dan aset kripto lainnya. Di pasar spot, harga Bitcoin telah menembus level USD41.000 atau sekitar Rp594,50 juta (kurs Rp14.500) per koinnya.

Data Coindesk, Sabtu 31 Juli 2021 menunjukkan, banderol BTC naik 5,06 persen menjadi USD42.072 atau sekitar Rp610,04 juta. Dalam 24 jam terakhir, transaksi harian terendah Bitcoin berada di USD38.349 dan tertinggi USD42.351.

Baca Juga: Peluang Industri Perbankan RI Kelola Aset Investasi Kripto

Ditarik dari sepekan terakhir, harga BTC sudah melonjak 25,39 persen yang pada Mei lalu jatuh sangat dalam imbas aksi jual yang cukup tinggi. Kapitalisasi pasar aset kripto ini terpantau juga naik 8,24 persen menjadi USD789,58 miliar.

Volume transaksi harian Bitcoin juga menguat 29,22 persen menjadi USD34,71 miliar. Selanjutnya, pasokan BTC yang beredar di pasar mencapai 18,77 juta dari total 21 juta.

Baca Juga: Bank of America Sediakan Produk Bitcoin, CEO Indodax: Permintaannya Naik di AS

Bank of America (BoA) saat ini mulai menyediakan layanan produk Bitcoin dan crypto. BoA telah mendapatkan izin untuk membuka market future Bitcoin. Produk baru ini karena banyaknya permintaan nasabahnya.

BoA mengalami banjir permintaan dari klien atau nasabahnya seiring meningkatnya popularitas aset kripto di AS dan juga di seluruh dunia. Sebelumnya bank investasi AS, JP Morgan Chase juga membuka layanan untuk manajemen kekayaan untuk akses ke BTC dan aset kripto lainnya.

Sementara itu, aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua Ethereum (ETH) juga mencatatkan kenaikan 1 persen menjadi USD2.461 atau sekitar Rp35,68 juta. Ditarik dari sepekan terakhir, ETH sudah naik 16,27 persen.

Selanjutnya, Binance Coin (BNB) turun 0,46 persen menjadi USD321 atau sekitar Rp4,65 juta. Ditarik dari sepekan terakhir, aset ini sudah naik 7,81 persen.

Aset kripto kontroversial, yaitu Dogecoin (DOGE) naik ,10 persen menjad USD0,20 atau sekitar Rp2.900 per koin. Dari sepekan terakhir, harga DOGE sudah naik 8,43 persen.

Ranto Rajagukguk
Ranto Rajagukguk

Educational background: Institute of Social and Political Sciences Jakarta, BA in Communication Studies (Journalism). Currently working at Limapagi as a Business Editor. 

Working in the media world since 2011 as an economic and business journalist. He focuses on writing real sector, specially industry, trades, agriculture, maritime, also energy and mining. 

He started his career at Koran Jakarta and then moved to Inilah.com. Then he worked as an assistant editor at Okezone.com and transferred to iNews.id as an editor.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.