Varian Omicron Pertama di Malaysia Ternyata Terdeteksi Sejak 19 November

LIMAPAGI - Malaysia hari ini mengumunkan kasus Covid-19 varian Omicron pertamanya. Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan, varian baru itu sudah terdeteksi sejak 19 November lalu.

"Seperti orang-orang telah mengetahui tentang perkembangan varian Omicron, perlu menjadi perhatian bahwa kasus varian ini terdeteksi di Malaysia pada 19 November, sebelum Afrika Selatan melaporkan kasus pertamanya ke WHO," cuit Khairy lewat akun Twitter-nya, Jumat , 3 Desember 2021.

Baca Juga: Setelah Singapura, Giliran Malaysia Catat Kasus Covid-19 Omicron Pertama

Khairy mengungkapkan, kasus varian Omicron ini berasal dari mahasiswa yang memasuki Malaysia sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Omicron sebagai varian yang dikhawatirkan pada 26 November.

"Setelah kami mengetahui tentang Omicron, kami kembali melakukan tes genomik pada semua kasus positif dari KLIA antara 11 dan 28 November untuk melihat apakah sudah ada di sini. Begitulah cara kami mendeteksi kasus tersebut," ungkapnya.

Dilansir dari Channel News Asia, kasus pertama ini terdeteksi pada seorang mahasiswa asal Afrika Selatan. Mahasiswa yang kuliah di salah satu universitas swasta di Ipoh, Perak itu tiba di Malaysia pada 19 November lalu.

Khairy mengatakan, kasus Omicron itu berdasarkan pemeriksaan sampel tes PCR yang diambil setibanya mahasiswa tersebut di Bandara Internasional Lumpur (KLIA). Dikatakannya, mahasiswa itu tiba di Malaysia dari Singapura.

Baca Juga: Sempat ke Afrika Selatan, 2 Warga Singapura Positif Covid-19 Varian Omicron

Mahasiswa itu kemudian diangkut dengan bus universitas dari KLIA ke Ipoh, di mana ia menjalani karantina. Keesokan harinya, pada 20 November, dia mendapatkan hasil tesnya kembali dan dinyatakan positif Covid-19.

Lima orang lainnya yang berada di bus yang sama dengan mahasiswa tersebut kemudian dikarantina. Semuanya dinyatakan negatif. Menurut Khairy, delapan orang yang kontak dekat dengan mahasiswa itu akan menjalani tes swab RT-PCR pada hari ini.

KABAR LAINNYA