Anies Kerahkan Tenaga Kerja Dinas untuk Bantu Penanganan di Rumah Sakit

LIMAPAGI - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengerahkan tenaga kerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk ditempatkan di sejumlah rumah sakit yang ada di ibu kota.

Langkah tersebut bertujuan agar kebutuhan tenaga pendukung aktivitas non-medis bisa disiapkan. Seperti, menyiapkan makanan, membungkus obat, memindahkan tabung oksigen dan lain sebagainya.

“Jadi, kita akan berikan dukungan dari dinas-dinas lain untuk ditempatkan di rumah sakit," katanya saat meninjau pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, Selasa 29 Juni 2021.

Anies berharap dengan inisiatif tersebut, nantinya tenaga medis akan lebih fokus kepada proses perawatan dan penyembuhan pasien Covid-19. Tenaga medis juga bisa bekerja tanpa harus diganggu oleh penumpukan aktivitas non-medis.

“Agar tim medis bisa fokus pada penanganan pasien dan aktivitas pendukung bisa dibantu yang lain,” terang Anies.

Pada kesempatan itu, Anies juga menyebut contoh lain dukungan Pemprov DKI dalam menangani lonjakan jumlah pasien Covid-19. Yakni dengan memobilisasi kebutuhan tabung oksigen ke rumah sakit.

Anies menilai, tabung oksigen menjadi fasilitas penunjang untuk perawatan para pasien, khususnya yang menderita gejala sedang hingga berat dari Covid-19. Sehingga, Anies mengerahkan jajarannya untuk membantu penyaluran tabung oksigen menggunakan sumber daya yang ada.

“Jadi, terus-menerus saat ini tim kita sedang di Tangerang, di pabrik oksigen untuk bawa tabung oksigen tambahan. Salah satu masalah utamanya adalah transportasi. Karena itu, mobil-mobil dari Dinas Pertamanan, Bina Marga, Dishub dan kendaraan dari Dinas lain dimobilisir membantu mentransportasikan tabung oksigen ke tempat pengadaannya, sehingga mobilitasnya jadi lebih cepat,” jelasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post