Permintaan Naik, Samator Kewalahan Distribusi Oksigen ke RS di Kudus

LIMAPAGI - PT Samator buka suara mengenai ketersendatan distribusi oksigen yang terjadi di sejumlah rumah sakit (RS) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kondisi itu terjadi karena permintaan oksigen dari sejumlah RS naik luar biasa.

Manager Area PT Samator Kudus, Endi Maesoni mengaku pihaknya memang mengalami kendala dalam pendistribusian oksigen di Kabupaten Kudus dan sekitarnya. Di mana armada yang dimilikinya kewalahan dalam melayani distribusi oksigen ke sejumlah daerah.

"Kemarin belum bisa tercukupi karena memang skala prioritas dan masalah waktu untuk pendistribusiannya," katanya, Selasa, 29 Juni 2021.

Lebih lanjut, Sony menyebutkan PT Samator Kudus menyuplai oksigen ke fasilitas kesehatan di tujuh kabupaten. Yakni Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Demak, Rembang, Blora dan Grobogan.

Selain keterbatasan armada, permintaan oksigen akhir-akhir ini mengalami lonjakan yang luar biasa. Dia mencontohkan sebuah rumah sakit di Kabupaten Kudus yang sebelumnya permintaan oksigen hanya mencapai 150 tabung per bulan naik menjadi 100 tabung per hari.

"Permintaan harian kita, untuk kebutuhan Kudus per hari sekitar 7-8 ton (oksigen liquid) per hari. Kalau untuk seluruh area kami, sekitar 20 ton (oksigen liquid) dan dan 650-800 tabung per hari," katanya.

Sementara, kapasitas distribusi yang dimiliki perusahaannya sekitar 400 tabung per hari. Hal ini kemudian mendorong sejumlah rumah sakit memberikan perbantuan distribusi. Dengan mengirimkan armada untuk mengambil langsung permintaan oksigen ke PT Samator Kudus di Desa Tenggeles, Kecamatan Jekulo. 

Sejumlah RS yang melakukan bantuan distribusi di antaranya RS Aisiyah Kudus, RS Nurussyifa Kudus dan RSI Pati.

"RS Aisiyah itu RS pertama yang meluncurkan kendaraan untuk antar jemput oksigen ke tempat kami. Saya apresiasi. Jika biasanya kami antar, dengan adanya permasalahan distribusi mereka ambil sendiri untuk mempercepat distribusi," tuturnya.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 saat ini, Sony mengatakan pihaknya berkomitmen melakukan pemenuhan distribusi oksigen ke fasilitas pelayanan kesehatan ke Kudus dan sekitarnya. Selain penambahan armada, juga meningkatkan stok.

"Aset kami perlahan-lahan akan kami tambah. Armada kami perlahan-lahan akan kami tambah. Stok kami akan kami tambah. Ini kan proses waktu, tidak langsung bisa kami cukupi. Semoga dengan ini ketersediaan untuk Kudus area bisa tercukupi," pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post