Alasan Kemungkinan Sebastian Vettel Didiskualifikasi dari GP Hongaria

LIMAPAGI - Pebalap Aston Martin, Sebastian Vettel, didiskualifikasi dari GP Formula 1 (F1) Hongaria pada Minggu, 1 Agustus 2021. 

Mengutip BBC, Vettel awalanya berhasil finis di posisi runner-up pada balapan tersebut. Namun, pihak F1 mendiskualifikasi pebalap 34 tahun itu karena tidak dapat mengambil contoh bahan bakar sebanyak 1 liter setelah balapan.

Kini, Vettel sedang menunggu hasil banding dari kasus tersebut. Federasi Motor Dunia (FIA) mengatakan pihaknya hanya mendapat 0,3 bahan bakar dari mobil Vettel.

Sementara itu, aturan F1 memastikan sampel bahan bakar harus 1 liter untuk setiap mobil usai balapan. Jika bahan bakar yang diambil lebih sedikit maka akan sangat menguntungkan.

“Setelah balapan tidak memungkinkan mengambil sampel 1 liter bahan bakar dari mobil nomor 5. Tim diberikan sejumlah kesempatan untuk mencoba mengambil bahan bakar dalam jumlah yang dibutuhkan.”

"Namun, kami hanya berhasil memompa 0,3 liter," kata steward balapan F1. 

Esteban Ocon menjadi pemenang GP Hongaria dengan catatan waktu 2 jam 4 menit 43,199 detik. Vettel berada di posisi kedua dengan catatan waktu +1,859 detik.

Lalu, Lewis Hamilton menghuni posisi ketiga dengan torehan waktu +2,736 detik.

Keputusan mengkaji ulang insiden Vettel membuat posisi balapan GP Hongaria belum pasti. Bisa saja, Hamilton naik menjadi runner-up jika Vettel resmi didiskualifikasi.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.