Terdampak sejak Awal Pandemi, Bisnis Air Minum dalam Kemasan Masih Merugi

LIMAPAGI Adanya pandemi Covid-19 membuat berbagai industri terpukul, tak terkecuali industri minuman dengan core bisnis air minum dalam kemasan (AMDK). Salah satu pemain AMDK nasional, yakni PT Tri Bayan Tirta Tbk dengan merek dagang Alto tercatat membukukan kerugian.

Mengutip dari laporan keuangan interim tidak diaudit yang disampaikan lewat keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), rugi bersih yang ditanggung oleh perusahaan dengan kode saham ALTO itu mencapai Rp1,13 miliar per 31 Maret 2021.

Sebelumnya, per periode yang sama tahun sebelumnya atau 31 Maret 2020, perusahaan bahkan membukukan kerugian hingga Rp3,39 miliar.

Penjualan perusahaan juga mengalami penurunan, dari Rp93,77 miliar per 31 Maret 2020, menjadi Rp75,30 miliar dalam laporan keuangan per 31 Maret 2021.

Adapun penjualan dari segmen AMDK totalnya mencapai Rp23,09 miliar per 31 Maret 2021, turun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mampu menembus angka Rp98,5 miliar.

Bila ditilik dari sisi beban penjualan, PT Tri Bayan Tirta Tbk mampu memangkas dari Rp16,10 miliar (per 31 Maret 2020) menjadi Rp2,62 miliar pada periode yang sama tahun ini. Beban keuangan pun juga ikut menyusut, menjadi Rp2,09 miliar dari Rp9,15 miliar per Maret 2020.

Dalam keterangannya, PT Tri Bayan Tirta Tbk mengatakan kalau pandemi Covid-19 yang telah melanda sejak awal tahun 2020 telah berimbas pada bisnis dan kegiatan perekonomian PT Tri Bayan Tirta Tbk di beberapa aspek.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan, manajemen tidak melihat adanya ketidakpastian material yang akan menyebabkan kerugian yang signifikan terhadap bisnis dan operasional perusahaan ataupun menimbulkan keraguan signifikan atas kemampuan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya.

“Manajemen akan terus memantau perkembangan pandemi COVID-19 dan mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengatasi dampaknya terhadap bisnis, posisi keuangan dan hasil operasi grup,” tulisnya.

Shanies Tri Pinasthi
Shanies Tri Pinasthi

Shanies is an assistant editor at Limapagi. She handles news around the economy. 

Previously, she was an assistant editor/assistant producer at Warta Ekonomi. 

Shanies started his career in media as an economic and national reporter for data-based media, Validnews.id

KABAR LAINNYA

Discussion about this post