Ganjar Pranowo: Pandemi Kok Ngajak Demo

LIMAPAGI - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo buka suara tanggapi munculnya sejumlah ajakan demo di tengah suasana pandemi Covid-19. Ganjar mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing dengan ajakan-ajakan seperti itu.

"Lucu ya di tengah pagebluk (pandemi) seperti ini, kondisi di mana-mana lagi susah kok ya ada saja yang ingin memanfaatkan situasi. Turun ke jalan, kemudian diviralkan dibesar-besarkan. Jenengan (Anda) pasti juga dapat ajakan itu," ujar Ganjar Pranowo lewat akun media sosialnya, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Polisi Tangkap 2 Terduga Provokator Demo Tolak PPKM di Jateng

"Eh yang ngajak malah orak ngetok. (menghilang) Ini apa namanya kalau tidak sengaja memancing di air keruh. Sengaja membuat kisruh," imbuhnya.

Menyikapi ajakan semacam ini, Ganjar mengajak masyarakat untuk berpikir jernih dan tak mudah terhasut. Sebab di situasi pandemi, kegiatan kerumunan massa seperti demo dinilainya berpotensi menjadi wadah penularan Covid-19.

"Demo itu tidak dilarang, tapi kan harus melihat situasi. Meski dilihat dan dipertimbangkan betul-betul, pas tidaknya situasi itu. Sekarang ini berkumpul saja dilarang, kok malah ngajak demo. Ini bisa bikin penularan massal, kan bisa bikin situasi tidak membaik. Kalau lihat situasi ini, rasa-rasanya kita masti berpikir ulang untuk melakukan tindakan yang tidak penting," jelasnya.

Ganjar menegaskan dirinya tidak melarang masyarakat melayangkan kritikan ke penguasa negeri ini. Namun, kritikan tersebut harus disampaikan dengan baik.

"Menilai dan mengevaluasi pemerintah itu tidak ada larangan. Silakan itu hak panjenengan (Anda), harus. Saya seumpama dibilang gagal boleh, dibilang tidak becus monggo (silakan) saya tidak akan sakit hati. Tapi tolong sampaikan dengan cara yang baik dan tidak merusak," pesan dia. 

Baca Juga: Polda Jateng Bebaskan 2 Provokator Demo 24 Juli, Ini Pertimbangannya

Kritikan-kritikan itu bisa disampaikan melalui diskusi-diskusi atau rembugan bareng. Hal ini bisa dilalukan secara langsung ataupun daring.

Ganjar bersyukur masyarakat tidak terpancing dengan ajakan demo yang tersebar belum lama ini. Bahkan dia mendapati ada warga yang memarahi demonstran yang koar-koar di media sosial.

Sekali lagi, Ganjar mengajak masyarakat untuk tetap waspada. Sebab mereka tidak akan berhenti sampai disini. Mereka terus akan memancing emosi, menghasut dan memprovokasi masyarakat.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post