Joe Biden: Perang 20 Tahun di Afghanistan Sudah Berakhir

LIMAPAGI - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengakhiri perang terpanjang negaranya dengan Afghanistan yang memakan waktu hingga 20 tahun, Selasa, 31 Agustus 2021.

Biden mengklaim kebijakannya menghentikan perang di Afghanistan sudah tepat. Dia tidak ingin peperangan berlanjut karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

"Saya presiden keempat yang menghadapi masalah apakah dan kapan harus mengakhiri perang ini. Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden, saya membuat komitmen kepada rakyat Amerika bahwa bakal mengakhiri perang ini. Hari ini saya mewujudkan komitmen itu," kata Biden, dikutip Sky News, Rabu, 1 September 2021.

Usainya perang ditandai dengan berakhirnya proses evakuasi warga dari Afghanistan, yang jatuh tempo pada Selasa kemarin.

"Saya tidak akan memperpanjang perang ini. Tidak ada lagi tujuan yang jelas dalam misi terbuka di Afghanistan," ujar Biden.

Baca Juga: Afghanistan Memperoleh Kemerdekaan Penuh!

Lebih dari 122.000 orang telah diterbangkan keluar dari Kabul sejak 14 Agustus 2021. Proses evakuasi pun mencekam ketika terjadi serangan bom bunuh diri yang diakui oleh ISIS-K.

Akibatnya 13 tentara AS dan 60 warga sipil tewas akibat peristiwa tersebut. Adapun setidaknya 160 orang luka-luka, termasuk belasan militer AS.

AS kemudian membalas serangan ISIS-K. Pesawat tanpa awak dikerahkan, dan kabarnya serangan itu menewaskan sembilan warga sipil dari satu keluarga. =

Mohamad Ivan Rida
Mohamad Ivan Rida

Experienced Journalist with a demonstrated history of working in the online media industry, such as ANTV, KapanLagi Youniverse, till Indozone. Skilled in Photography, Feature Writing, Computer Hardware, to Online Journalism. Strong media and communication professional with a Bachelor's degree focused in Communication, Journalism, and Related Programs from Institut Ilmu Sosial dan llmu Politik Jakarta.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.