Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh jika Perempuan Setop Menggunakan Bra

LIMAPAGI - Bra telah dianggap sebagai alat penopang payudara agar tetap nyaman, membuat banyak orang menggunakan bra dalam rutinitas sehari-hari.

Namun tak sedikit yang bertanya apakah ada efek jangka panjang jika tidak menggunakan bra dalam rutinitas yang dijalankan. Tentunya untuk mengambil langkah satu ini tergantung dari prespektif masing-masing orang.

Baca Juga: Ini Tips Jessica Iskandar dalam Memilih Pakaian Dalam yang Nyaman

Tetapi yang perlu kamu ketahui apakah ada efek samping atau tak menggunakan bra memberikan berbagai manfaat? Berikut penjelasan singkat dari hali, seperti dirangkum dari laman Realsimpel.

Efek tidak menggunakan bra

Menurut Waqas Ahmad, MD, seorang dokter kedokteran keluarga dan kepala dewan penasihat medis di Insurecast, tidak memakai bra dapat menyebabkan berkurangnya dukungan atau penyangga untuk payudara.

"Ada ligamen yang disebut ligamen Cooper yang berlabuh di sekitar jaringan payudara. Ketika tidak menggunakan bra menyebabkan lebih banyak gerakan dan pantulan. Menurut saya payudara akan melorot dan kendor jika bra tidak dipakai dalam waktu yang lama," katanya.

Sementara Dr. Ahmad melihat ada beberapa manfaat memakai bra, tetapi tidak boleh digunakan sepanjang hari.

"Mengenakan bra sepanjang waktu juga tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan peningkatan keringat yang menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal," ujarnya.

Senada dengan dokter Ahmad, Lina Velikova, MD, PhD, penasihat medis di Supplements101 menilai ketika kamu tak menggunakan bra payudara alam terlihat mengendur.

“Namun, begitu ketika kamu mulai menggunakan bra otot dan jaringan lunak di payudara akan meningkat serta jika kamu melakukan latihan payudara dapat memperkuat ligamen," paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan payudara dengan sendirinya akan melorot karena gravitasi dan faktor usia. Tetapi, jika tetap ingin memiliki payudara yang bulat dan kencang menggunakan bra menjadi pilihan yang tepat.

Keuntungan melepaskan bra

Banyak keuntungan melepas bra dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, seperti ingin beristirahat. Sebab, kondisi ini dapat meningkatkan sirkulasi tubuh.

Menurut penelitian selama 15 tahun, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa memakai bra untuk waktu yang lama dapat memotong sirkulasi di bagian tengah tubuh dan tulang rusuk.

"Ini sangat masuk akal, siapapun yang telah mengenakan bra pasti tahu sensasi menenangkan yang tak dapat dijelaskan ketika melepasnya," tambahnya.

Baca Juga: Memakai Bra Ketat Tingkatkan Risiko Kanker Payudara? Ini Kata Ahli

Tips agar tetap nyaman

Tentunya kamu ingin tetap nyaman saat menggunakan bra. Ya, cara yang terbuka yaitu jangan menggunakan yang kaku dan tak sesuai ukuran (sempit).

“Bra yang baik harus memiliki penyangga yang baik agar nyaman, penopangnya ada di band dan sayap bukan tali bahu,” kata Dora Lau, pendiri DLI, perusahaan yang mengembangkan bra untuk merek global.

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.