Mulai 9 Agustus, Masuk Kafe di Prancis Wajib Bawa Kartu Bebas Covid-19

LIMAPAGI - Pemerintah Perancis mewajibkan warganya membawa kartu anti-Covid-19 untuk memasuki kafe dan tempat umum lain, hingga menaiki moda transportasi publik, mulai 9 Agustus 2021.

"Undang-undang baru akan mewajibkan izin kesehatan untuk mengunjungi kafe, naik pesawat, atau bepergian dengan kereta api antarkota," kata Juru Bicara Pemerintah, Gabriel Attal, dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 29 Juli 2021.

Kartu kesehatan anti-corona yang dimaksud di dalamnya mencakup keterangan rampung vaksinasi dua dosis dan negatif virus. Kartu ini tidak hanya berlaku bagi masyarakat umum saja, tapi juga menyasar mereka yang berstatus tenaga kesehatan.

Kebijakan baru melalui UU teranyar ini sekaligus memperkuat aturan sebelumnya, yang tidak membolehkan warga belum disuntik vaksin Covid-19 memasuki museum, bioskop dan tempat hiburan serta budaya lainnya. Aturan kartu vaksinasi itu, sudah berlaku sejak 21 Juli lalu.

Attal mengatakan, alasan perburukan situasi pandemi membuat Pemerintah mengesahkan aturan kartu kesehatan itu. Apalagi, kini penularan diperparah dengan meluasnya varian delta.

"Meningkatnya infeksi yang didorong oleh varian delta, dengan rata-rata 19.000 kasus harian atau 97 persen lebih tinggi dari seminggu yang lalu menunjukkan situasi kesehatan di Perancis "terus memburuk dan tetap mengkhawatirkan", tuturnya.

Baca Juga: Tentara Israel Tembak Mati Anak Palestina Usia 12 Tahun di Tepi Barat

Dalam menggenjot capaian vaksinasi, Pemerintah bakal menambah sasaran kelompok usia, utamanya yang berstatus pelajar. Sebab, sekolah akan kembali dibuka setelah liburan musim panas usai.

Setidaknya akan disiapkan sebanyak 6.000-7.000 pusat vaksin Covid-19 baru yang berlokasi di sekitar sekolah untuk membantu kelompok usia remaja disuntik vaksin dosis penuh.

Perluasan sasaran vaksinasi, seiring keputusan otoritas kesehatan Prancis baru-baru ini yang memberi izin pemberian suntikan vaksin Covid-19 Moderna kepada anak berusia 12-17 tahun. Keputusan ini diambil, usai sebelumnya menyetujui vaksinasi untuk kalangan remaja disuntik vaksin Pfizer.

Namun, kebijakan kartu anti-corona ini menuai protes sebagian besar masyarakat, bahkan sejak perumusan UU-nya. Protes mulai memuncak lewat aksi yang dimulai pada pertengahan Juli. Ribuan pengunjuk rasa tersebar di sejumlah kota di Perancis. Di Paris, beberapa ratus demonstran berkumpul di Place de la République. Mereka meneriakkan "liberté" (kebebasan).

KABAR LAINNYA

Discussion about this post