Liga 1 dan Liga 2 Resmi Ditunda

LIMAPAGI – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi menunda Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022.

Keputusan muncul setelah federasi dan operator kompetisi menerima surat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Barusan PSSI dan PT LIB memutuskan tengang Liga 1 dan Liga 2. Kami menyampaikan bahwa PSSI kemarin (28 Juni 2021) telah menerima surat dari Satgas Covid-19 yang ditandatangani Kepala BNPB.”

“Dalam surat itu, meminta penundaan kompetisi sampai Juli 2021. PSSI menyadari dan memaklumi terkait perkembangan Covid-19. Atas asas kemanusiaan, PSSI memutuskan menunda.”

“Ini sesuai arahan pemerintah melalui Satgas Covid-19. Sekarang, kondisi Covid-19 memburuk. PSSI sendiri memberikan dukungan terhadap penanganan Covid-19,” ujar Yunus Nusi, Sekretaris Jenderal PSSI, pada Selasa, 29 Juni 2021.

PT LIB dan PSSI lebih lanjut menegaskan bahwa Liga 1 dan Liga 2 hanya ditunda bukan dibatalkan. Sejauh ini, pihak BNPB meminta operator dan federasi membuat skema alternatif sembari melihat perkembangan Covid-19 di Indonesia.

“Dalam waktu dekat, terkait kapan bergulir lagi, itu ranah PSSI. Ketika surat BNPB keluar, kami berkoordinasi dengan Mabes Polri dan stakeholder, seperti BNBP dan Satgas Covid-19.”

“Kami diminta membuat skema kemungkinan alternatif, apakah bisa kembali memulai pada 23 Juli atau 30 Juli 2021. Kita harus melihat dulu sampai kasus Covid-19 ini landai,” tutur Sudjarno, Direktur Operasional PT LIB.

Rencananya, Liga 1 2021-2022 akan sepak mula pada 9 Juli 2021. Persija Jakarta vs PSS Sleman bakal tampil pada partai pembuka di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Namun, agenda tersebut mesti batal mengingat kasus Covdi-19 di Tanah Air tengah meninggi. Sebelumnya, Piala Wali Kota Solo 2021 juga tidak mendapat rekomendasi.

Ferry Sasono
Ferry Sasono

A sport journalist who focuses on national football issue.

Ferry was graduated from Languages and Arts Faculty of UNJ majoring Indonesian Literature.

He is a reporter of sport news at Limapagi.com who reviews national sport information.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post