Pengertian Teks Ulasan, Ciri, Struktur, dan Contoh Lengkapnya

LIMAPAGI - Teks ulasan adalah suatu tulisan yang mengulas dan memberi penilaian pada sebuah karya atau produk.

Teks ulasan kerap juga disebut sebagai teks review atau resensi. Fungsinya untuk memberikan nilai atau mengkritik sebuah karya atau kejadian.

Penjelasan Teks Ulasan

Dalam membuat ulasan, penulis diharuskan kritis agar menjadi acuan memajukan karya-karya berikutnya.

Jenis teks ulasan

(Canva/anyaberkut) Jenis ulasan

Sebagai sebuah bentuk tulisan, teks ulasan juga memiliki beberapa jenis. Berikut jenis-jenis tersebut:

Ulasan informatif

Dalam teks ulasan jenis ini, penulis akan menguraikan sebuah produk atau karya dengan tujuan memberikan informasi dan pemaparan secara umum.

Ulasan deskriptif

Jenis ini adalah ulasan yang membahas mengenai sebuah karya sastra. Hal ini dibutuhkan agar pembaca dapat memahami karya sastra tersebut dengan sejelas-jelasnya.

Ulasan kritis

Seperti namanya, ulasan ini akan membahas secara kritis sebuah produk dengan analisa yang netral dan apa adanya, sehingga bisa digunakan sebagai masukan.

Ciri-ciri teks ulasan

(Canva/SUWANNAR KAWILA) Ciri-ciri ulasan

Selain jenis, tentunya sebuah teks ulasan juga memiliki ciri-ciri tersendiri. Berikut diantaranya ciri-ciri tersebut:

  • Memiliki struktur yang tersusun dari orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman
  • Mengandung informasi mengenai opini atau pandangan penulisa mengenai sebuah produk
  • Opininya juga berdasarkan fakta yang diinterpretasikan
  • Memiliki nama lain, resensi

Struktur teks ulasan

(Canva/mladn61) Struktur ulasan

Untuk menyusun ulasan, harus membuatnya dengan menggunakan sebuah struktur. Berikut struktur dari teks ulasan:

Orientasi

Pada bagian ini adalah bagian pertama atau utama yang menerangkan gambaran umum dari sebuah karya atau produk. Disini juga penulis menerangkan apa yang akan ia ulas seterusnya.

Tafsiran

Disini akan memberikan secara detail penjelasan mengenai sebuah karya yang sedang diulas.

Evaluasi

Pada bagian ini penulis akan memberikan pandangannya mengenai produk atau karya yang ia ulas. Biasanya juga memaparkan kelebihan dan kekuarangan dari produk yang diulas.

Rangkuman

Sama seperti bentuk tulisan lainnya, pada bagian rangkuman akan menjadi tempat meletakkan kesimpulan dari seluruh ulasan.

Contoh teks ulasan

(Canva/pedrosala) Contoh ulasan

Agar lebih memahami bagaimana cara dalam menulis sebuah teks ulasan, berikut contoh yang dapat dipelajari:

Judul

Ulasan film Dilan 1990

Orientasi:

Sebagai film terfavorit sepanjang masa, film “Dilan 1990” disutradarai oleh Pidi Baik dan Fahar Bustomi, serta diperankan oleh salah satu idola remaja Indonesia, yaitu Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescila. Selain itu, film ini merupakan adapatasi dari novel karangan Pidi Baiq.

Tafsiran

Dilan (Iqbal Ramadhan) bertemu dengan Milea (Vanesha Priscela) pada awa tahun 1990 di salah satu SMA di Bandung. Dengan karakter romantis dan humoris yang dimilikinya, dengan percaya diri, Dilan mendekati Milea sehingga pada akhirnya Milea jatuh cinta padanya. Akan tetapi, kisah cinta mereka diterpa dengan berbagai rintangan, salah satunya adalah Beni, seorang anggota geng motor, dan Kang Adi sering menimbulkan masalah. Namun, Dilan selalu memiliki berbagai cara untuk mengatasinya.

Dapat dikatakan bahwa Dilan adalah seseorang laki-laki yang bad boy, tetapi dengan keunikannya, yaitu karakter romantis, humoris, dan penuh dengan gombalan yang tidak picisan. Di samping itu, Milea merupakan sosok perempuan pendiam, penyayang, dan tentunya sangat cantik, serta dia sangat menaruh perhatiannya terhadap Dilan. Alur cerita sama sekali tidak membuat bosan para penonton karena bumbum-bumbu rayuan Dilan untuk Milea selalu ditunggu-tunggu oleh penonton.

Evaluasi

Iqbal dan Vanesha dapat memerankan sosok Dilan dan Milea dengan penjiwaan yang sangat baik. Selain itu, alur cerita dapat diterima oleh berbagai kalangan dari mulai ramaja, hingga orang tua karena sama sekali tidak rumit. Selain itu, nuansa cerita yang sangat kental dengan tema SMA, membuat penonton mendapatkan nilai intertektualiatasnya. Namun, sinematografi dan setting pada beberapa bagian dinilai belum optimal dalam merepresentasikan Bandung pada tahun 1990an.

Rangkuman

Film ini menceritakan kisah cinta yang unik, lucu, menggelitik, dan menegangkan sehingga lengkap rasanya. Terlebih, secara keseluruhan film ini cocok untuk ditonton oleh berbagai kalangan, kecuali yang masih di bawah umur.

Ulasan memang diperlukan untuk banyak pembaca yang memang sebagai penikmatu suatu karya atau konsumen suatu produk, agar bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu produk.

Kemudian, pastikan juga dalam membuat ulasan harus menggunakan opini yang sesuai fakta dan tidak menyudutkan.

Reza Alif Noviari
Reza Alif Noviari

Experienced Seo Content Writer with several background in media industry

KABAR LAINNYA

Discussion about this post