Tips Mengendarai Mobil Manual di Jalan Menanjak

LIMAPAGI - Mengemudi mobil tak hanya sekadar menginjak pedal gas dan rem saja. Butuh keahlian khusus agar mampu mengendarai mobil disegala jalan.

Salah satu hambatan yang sering ditemui pengemudi adalah jalur menanjak. Apalagi, kondisinya tengah macet ditambah mobil yang digunakan bertransmisi manual.

Baca Juga: Tips Berkendara Malam Hari agar Terhindar dari Kecelakaan

Sony Susmana,&Director Training Safety Defensive Consultant&(SDCI) mengatakan, hal ini terjadi lantaran kurangnya pengetahuan mengemudi di jalanan tanjakan. Tak hanya itu, kapasitan barang bawaan juga berpengaruh.

"Sebagai pengemudi, kita harus paham cara antisipasi jalan menanjak. Kemudian jangan panik," katanya saat dihubungi Limapagi.id, Kamis, 29 Juli 2021.

Sony menambahkan, paling utama yang harus diperhatikan di kondisi tersebut adalah penempatan gigi yang tepat. Saat melewati tanjakan, sebaiknya tuas transmisi ada di gigi satu.

"Pada umumnya, untuk melewati jalan menanjak bagi mobil manual menggunakan transmisi gigi nomor satu. Itu mutlak," ujar Sony.

Menurut Sony, banyak pengemudi yang salah kaprah sehingga mobil jadi mundur karena terlalu cepat melepaskan pedal rem, mengangkat kopling, dan injak gas. Tidak ada sinkronisasi yang baik ketika melakukan hal-hal tersebut.

Selain itu, untuk mendapatkan irama yang pas saat melewati tanjakan, butuh jam terbang tinggi. Kebanyakan pengemudi tidak berlatih untuk hal ini dan lebih mengedepankan feeling.

Baca juga: Tips Menghadapi Mobil yang Terbakar, Wajib Memiliki APAR

"Saat ini, banyak pengemudi yang sok tahu dan hanya mengandalkan feeling. Setelah menghadapi rintangan di jalan, tidak tahu skillnya, jadinya malah celaka," jelas Sony.

Terakhir, yang perlu dimaksimalkan oleh para pengemudi adalah memanfaatkan rem tangan untuk mobil manual. Komponen ini merupakan alat bantu untuk melewati tanjakan menjadi lebih mudah.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post