Akhirnya, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Bakal Dibuka Besok!

LIMAPAGI - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) secara resmi membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS), calon pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) guru dan non-guru mulai 30 Juni hingga 21 Juli 2021. Pendaftaran itu akan dilakukan serentak baik untuk instansi daerah maupun pemerintah pusat.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan pendaftaran akan dibuka selama tiga minggu kalender. Setelah itu, proses verifikasi seleksi administrasi akan dilakukan selama tiga hari dan diumumkan pada tanggal 28 hingga 29 Juli 2021.

Adapun seluruh pengumuman dan pendaftarnnya dapat diakses melalui website sscasn.bkn.go.id. “Dari hasil itu diberikan masa sanggah tiga hari tanggal 30 Juli hingga 1 Agustus dan kemudian kalau sanggahan itu diberikan ke instansi atau BKN maka wajib menjawab selama tujuh hari sejak batas akhir,” kata Suharmen dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selas 29 Juli 2021.

Menurut dia, setelah masa sanggahan selesai dijawab oleh instansi daerah dan pusat maka peserta yang dinyatakan lolos administrasi berhak untuk mengikuti proses selanjutnya. Adapun seleksi kompetensi dasar akan dilakukan pada tanggal 25 Agustus hingga 4 Oktober 2021.

“Dapat diinformasikan bahwa pengumuman tadi berlaku bukan hanya untuk CPNS atau P3K nonguru tapi juga P3K guru. Jadi pendafataran akan dilakukan serentak untuk tiga kualifikasi peserta,” kata dia.

Suharmen menambahkan, berkaca dari pengalaman CPNS tahun lalu jumlah pendaftar diperkirakan akan membeludak. Di tahun 2020 ketika dibuka lowongan sebanyak 150 ribu, jumlah pendaftarnya mencapai 4,2 juta orang.

Meksipun dilaksanakan di tengah merebaknya pandemi Covid-19, dia memastikan pelaksanaan seluruh proses seleksi akan menggunakan protokol kesehatan dengan ketat agar tak menjadi klaster penyebaran virus baru.

“Di tahun 2021 potensinya (peserta) 5 juta orang, berhubung masih pandemi harus pakai protokol kesehatan dengan ketat,” pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post