Meningkatkan Kompetensi Guru di Bidang Digital demi Masa Depan Generasi Muda

LIMAPAGI - Peran seorang guru begitu penting. Pasalnya, guru merupakan ujung tombak transformasi pendidikan di Indonesia. Apalagi, dunia sekarang tengah mengalami kemajuan yang begitu besar dalam dunia digital. Sehingga, kemampuan guru Indonesia dituntut dapat mengimbangi kemajuan tersebut.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI sebagai institusi utama di bidang pendidikan di Indonesia turut berperan melakukan pemberdayaan guru dengan berbagai macam inisiatif.

Sebagai informasi, Kemendikbud Ristek memiliki Program Guru Penggerak yang saat ini tengah dijalankan guna meningkatkan program pendidikan di Indonesia. Program tersebut merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.&

Baca Juga: Dana Abadi Pendidikan Capai Rp81,7 Triliun, Ini Pesan Sri Mulyani

Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, mengharapkan para guru di Indonesia mendapatkan perhatian lebih dalam hal peningkatan kemampuan.

“Peran guru merupakan ujung tombak bagi transformasi pendidikan. Hal ini menjadi sangat penting bagi setiap pihak untuk turut mendukung pemberdayaan guru dan tenaga pendidik,” tutur Rachmadi Widdiharto dalam rilis yang diterima Limapagi.

Selaras dengan tujuan pemerintah, beberapa platform pembelajaran online di Indonesia juga memiliki misi untuk mendorong guru dan tenaga pendidik di Indonesia agar lebih paham digital, salah satunya program Cakap Teacher Academy.&

Dalam program ini, para pengajar diwajibkan untuk mengikuti program sertifikasi yang secara langsung memberikan pelatihan peningkatan kapasitas serta kompetensi guru dalam mengajar anak didik.

Baca Juga:&Menko PMK: Dalam Pendidikan, Seni & Budaya Diperlukan untuk Bangun SDM Harmonis

Guna meningkatkan kualitas tenaga pengajar di tengah perkembangan zaman, Cakap Teacher Academy menyediakan program dua kompetensi utama yaitu teknik pengajaran komunikatif dan penggunaan teknologi.

“Sistem pembelajaran yang mutakhir akan menjadi kunci dari kurikulum pada program kami. Program ini akan membawakan 2 kompetensi utama: teknik pengajaran komunikatif dan penggunaan teknologi. Program ini dianggap relevan bagi mereka yang baru akan terjun ke dunia pengajaran maupun mereka yang telah berpengalaman namun ingin memperbaharui kemampuan mengajarnya.” ungkap Yoshua Yanottama selaku Senior Education Manager Cakap.

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post