Anies Bakal Wajibkan Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Berkegiatan di Jakarta

LIMAPAGI – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan vaksinasi Covid-19 bakal menjadi salah satu syarat untuk dimulainya berbagai kegiatan di Ibu Kota.

"Pemprov DKI Jakarta memutuskan vaksin menjadi bagian dari tahapan untuk kegiatan di masyarakat, baik kegiatan ekonomi, keagamaan, sosial, budaya di Jakarta,” kata Anies yang disiarkan di kanal YouTube Pemrov DKI, Sabtu, 31 Juli 2021.

Anies mengatakan, masyarakat yang ingin berkegiatan dan menjalankan aktvitasnya di tengah publik, termasuk pelaku usahanya, diizinkan melakukan kegiatan dengan syarat telah divaksin.

“Jadi, misalnya tukang cukur mau buka, boleh. Tetapi, tukang cukurnya vaksin dahulu, dan yang mau cukur harus sudah vaksin. Warung, restoran mau buka, boleh. Namun, karyawannya vaksin dulu. Yang mau makan di restoran juga harus sudah vaksin,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPD Saran Seniman Dapat Bantuan Pemerintah saat PPKM, Kenapa?

Hal itu, sambung dia, juga berlaku untuk kantor-kantor non-esensial, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, boleh beroperasi jika sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Sehingga, tahapan pembukaan diiringi dengan keharusan untuk melakukan vaksinasi pada semua pelakunya. Baik yang bekerja di tempat itu, maupun yang berkunjung,” jelas dia.

Dia menegaskan, syarat vaksin sebagai administrasi berkegiatan ini termasuk pada kegiatan keagamaan. Penyelenggaranya, maupun pesertanya, semua harus sudah melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Pemkot Bandung Kaji Kebijakan Dine In Resto dan Kafe

Anies menekankan, supaya warga tidak menghindari divaksin, tidak memalsukan bukti, maupun berbohong, karena pihaknya akan menyiapkan berbagai anitisipasi untuk hal tersebut.

“Karena, sudah jelas bahwa vaksin itu aman, menurunkan risiko kematian, dan mendapatkan vaksin itu sangat mudah, serta gratis. Justru, membahayakan diri sendiri bagi yang terus-menerus menghindari vaksin," pungkasnya. 
 

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.