KKB Serang Bandara Bilorai Intan Jaya Papua, 5.859 Warga Mengungsi

LIMAPAGI - Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, situasi di area Bandara Bilorai Kabupaten Intan Jaya, Papua, berangsur kondusif. Sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi pembakaran di sekitar lokasi.

"Total keseluruhan masyarakat akibat gangguan kamtibmas yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata berjumlah 5.859 jiwa," kata Kamal dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu, 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Kontak Tembak TNI-Polri dengan KKB di Intan Jaya Papua, Satu Anak-anak Tewas

Kamal menyampaikan, pasca-serangan KKB, masyarakat yang mengamankan diri di Polsek Sugapa, Koramil, serta beberapa gereja mulai kembali ke rumah maupun kiosnya masing-masing.

"Untuk mengambil perlengkapan dengan pengawasan personil gabungan TNI-Polri yang ketat untuk selanjutnya kembali mengamankan diri di Polsek Sugapa dan Koramil serta beberapa gereja," ucapnya.

Kamal kemudian merincikan jumlah masyarakat yang mengungsi, yakni di Polsek Sugapa ada 160 jiwa, Koramil Sugapa 20 jiwa, Gereja ST Misael 2.405 jiwa, Gereja Katholik Agapa 3.000 jiwa, Gereja GKII Anthokia 124 jiwa, dan Gereja Katholik Baitapa 150 jiwa.

Baca Juga: Baku Tembak TNI di Intan Jaya Papua, Satu Anggota KKB Tewas

Kamal menambahkan, saat ini personel gabungan TNI-Polri masih menduduki area Bandara Bilorai Kabupaten Intan Jaya, Papua.

"Hal ini dilakukan agar aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan normal kembali. Sehingga, masyarakat dapat beraktivitas guna memenuhi kebutuhan hidupnya," tutur Kamal.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post