Keluarga Jadi Klaster Covid-19, Wakil Ketua MPR Desak Disiplin Prokes

LIMAPAGI - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Lestari Moerdijat mendesak adanya sebuah gerakan masif meningkatkan kedisiplinan untuk mencegah Covid-19 di lingkungan keluarga.

Sebab, menurutnya klaster penyebaran Covid-19 saat ini sudah masuk satuan masyarakat terkecil yaitu keluarga.

"Perlu sebuah gerakan masif untuk mewujudkan anggota keluarga yang sadar dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin," kata Lestari dalam keterangan tertulis, Selasa, 29 Juni 2021.

Menurut catatan Komite Penanganan Covid-19 Nasional hingga Senin, 28 Juni 2021 dari 165.013 kasus terkonfirmasi positif di Jawa Timur, 14.173 kasus di antaranya terjadi pada anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Menurut politikus Partai NasDem itu yang lebih memprihatinkan dari 14.173 kasus positif Covid-19, 75 anak meninggal dunia.

“Berdasarkan laporan Satgas Covid-19 itu, kasus Covid-19 pada anak tersebut disebabkan karena semakin banyaknya tercipta klaster keluarga dalam beberapa pekan terakhir," tuturnya.

Maka dari itu, ia menegaskan kesadaran dan kedisiplinan keluarga melaksanakan protokol kesehatan (prokes) harus menjadi prioritas.

Caranya, dengan keterlibatan para pemangku kepentingan di wilayah seperti Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RT), Lurah, Camat, hingga Gubernur.

"Sangat diharapkan untuk menginisiasi kepatuhan dan kedisiplinan menjalankan prokes setiap keluarga di wilayah masing-masing,” katanya.

Dia juga berharap upaya tersebut bisa menekan penularan Covid-19 terhadap anak dan berpotensi menekan jumlah kasus positif Covid-19 secara umum di setiap wilayah.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post