Indonesia Kembali Berangkatkan Jemaah Umrah 8 Januari 2022

LIMAPAGI - Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk kembali memberangkatkan jemaah umrah Indonesia ke Tanah Suci. Pemberangkatan dimulai Sabtu, 8 Januari 2022.

“Pemberangkatan jemaah umrah rencananya kembali dibuka pada 8 Januari," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat, 7 Januari 2022.

Dia memastikan, Kemenag akan melakukan pengetatan protokol kesehatan (prokes) bagi jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah. Penyelengaraan umrah juga akan melalui pengawasan prokes ketat dari dan ke tujuan, termasuk saat tiba kembali.

“Kami juga sudah mendapatkan arahan dari Pak Menag Yaqut Cholil terkait ketentuan pengetatan protokol kesehatan,” tuturnya.

Baca Juga: Tak Ada Kepastian di RI, Pengungsi Rohingya dan Afghanistan Alami Stres

Menurut Hilman, keputusan kembali memberangkatkan jemaah umrah berdasarkan hasil rapat lintas kementerian atau lembaga pada 3 Januari 2022. Nantinya, kata dia, tanggung jawab keberangkatan akan diampu Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"PPIU yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui Siskopatuh," imbuhnya.

Pada pelaksanaanya, keberangkatan empat penerbangan awal umrah mengacu kebijakan one gate policy atau umrah satu pintu dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan. "Dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU," tandasnya.

KABAR LAINNYA