Erick akan Luncurkan Teknologi 5G Mining pada Mei 2022, Seperti Apa?

LIMAPAGI - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan meluncurkan 5G Mining. Ini merupakan eknologi baru di sektor pertambangan yang merupakan kolaborasi antara Freeport dengan Telkom Group pada Mei tahun ini.

"5G Mining kita akan luncurkan sebagai negara pertama di Asia Tenggara pada tahun ini di bulan Mei," kata Erick, Minggu 9 Januari 2022.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut BUMN Operasi Pasar 3,7 Juta Liter Minyak Goreng hingga Mei

Menurut dia, alasan kenapa diluncurkannya 5G Mining karena memang dalam pertambangan atau mining di bagian dalam sulit bagi manusia untuk bekerja tanpa bantuan alat.

Dengan demikian pada akhirnya yang bekerja di tambang-tambang dalam itu adalah autonomous vehicle dan robotik di mana para pekerja mengendalikan robot dari jarak jauh untuk melakukan penambangan di tambang dalam.

Baca Juga: Genjot Perekonomian, Erick Thohir Singgung Knowledge Based Economy

Sebelumnya Erick Thohir mengatakan Freeport bekerja sama dengan Telkom Group akan menghadirkan teknologi 5G Mining. Erick sangat berharap Presiden Joko Widodo dapat hadir di Freeport untuk meresmikan 5G Mining, mengingat hal ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Fungsi 5G selain untuk menjaga keamanan operasional, karena yang dilakukan adalah kategori tambang dalam sehingga penting sekali proteksi bagi tenaga kerja di dalamnya. Hal menarik lainnya, menurut Erick, 5G Mining juga akan meningkatkan konektivitas integrasi dengan penerapan hyper connect network.

Rencananya di sana ada kecanggihan autonomous car atau autonomous truck. Persiapan ini Kementerian BUMN maksimalkan antara Freeport dan Telkom, dikutip dari Antara.

KABAR LAINNYA