Mulai Hari Ini PPKM di Jabodetabek Turun ke Level 2, Kecuali 2 Kabupaten

LIMAPAGI - DKI Jakarta resmi bertatus PPKM level 2 mulai Selasa, 19 Oktober 2021 alias hari ini. Penurunan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM di Jawa-Bali.

Tidak hanya DKI yang berstatus PPKM level 2. Sejumlah wilayah Jabodetabek pun turun ke level yang sama, kecuali dua Kabupaten seperti Bogor dan Tangerang.

"DKI Jakarta untuk wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level 2 (dua), yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," demikian isi Inmendagri, dikutip Selasa 19 Oktober 2021.

Aturan PPKM level 2 sudah mulai berlaku hingga 1 November 2021. Kota Tangerang, Bogor, Depok, Bekasi dan Kabupaten Bekasi juga berstatus PPKM level 2 selama dua pekan ke depan.

Baca Juga: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh ke Mal hingga Bioskop, Ini Syaratnya!

"Level 3 (tiga), yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang," katanya.

Pemerintah mengubah metode penurunan level PPKM untuk wilayah aglomerasi. Regulasi berubah karena sejumlah daerah masih belum mencapai target soal cakupan vaksinasi Covid-19.

"Sebagai contoh, sebagian besar kabupaten kota di wilayah Jabodetabek yang seharusnya bisa turun ke level 2 tidak bisa turun level karena cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target," kata Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers, Senin kemarin.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post