Jokowi di HUT PDIP: Bu Megawati, Dana Desa Terus Naik dari Rp21T Jadi Rp72T

LIMAPAGI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan besaran dana desa terus naik dari pertama kali digelontorkan pada 2015. Besaran penyaluran saat ini sudah mencapai Rp72 triliun.

Hal itu dikatakan Jokowi kepada Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, jajaran menteri, dan para kader dalam acara HUT ke-49 PDIP yang digelar hybrid di berbagai tempat, Senin, 10 Januari 2022. Jokowi hadir dalam acara virtual itu di Istana Negara sementara Megawati di kediamannya di Menteng, Jakarta.

"Bu Megawati, bapak ibu sekalian yang saya hormati. Perlu saya sampaikan alokasi dana desa terus naik setiap tahunnya dari 21 triliun di tahun 2015 menjadi 72 triliun di tahun 2021," kata Jokowi dalam pidato sambutan di acara HUT ke-49 yang disiarkan langsung di kanal YouTube PDI Perjuangan.

Baca Juga: HUT ke-49 PDIP, dari Jokowi, Puluhan Menteri Hingga Ahok Hadir

Jokowi berharap, perhatian pemerintah terhadap desa ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempersempit ketimpangan antara desa dan kota.

"Dan total sampai saat ini dana desa yang telah disalurkan dari 2015 sampai 2021 mencapai 400,1 triliun. Ini sebuah angka yang sangat besar sekali," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, dana desa yang disalurkan diperuntukkan untuk membangun jalan desa, embung, irigasi, jembatan, pasar-pasar, atau tambatan perahu. Bukan hanya, lanjut dia, proyek-proyek berskala besar.

"Karena orang banyak menganggap kita hanya membangun yang besar-besar, jalan tol, airport, pelabuhan. Tidak, kita juga membangun jalan desa, membangun embung, membangun air bersih di desa, membangun posyandu, membangun sumur-sumur yang diperlukan, membangun drainase," tuturnya.

Baca Juga: Survei SMRC: Prabowo Teratas Dipepet Ganjar, Elektabilitas Ada yang Stagnan

Menurut Jokowi, selain memerlukan infrastruktur besar, desa membutuhkan objek pembangunan berbeda-beda. Namun, dari pembangunan tersebut orientasinya serupa menciptakan desa yang maju dan mandiri.

"Yang ini juga akan membangun sebuah peradaban, mempersatukan negara kita, menciptakan lapangan kerja, dan juga menciptakan ... pertumbuhan ekonomi baru di seluruh Tanah Air," tandasnya.

KABAR LAINNYA