Pemancing Tenggelam di Logending Kebumen Ditemukan Meninggal Dunia

LIMAPAGI - Tim SAR gabungan akhirnya menemukan pemancing hilang tenggelam di sekitar breakwater Pantai Logending, Kebumen, Jawa Tengah. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Korban tenggelam tersebut diketahui beridentitas Sanrusdi, 60, pemancing asal Kaliputri Desa Mangunweni, Kecamatan Ayah, Kebumen. Ditemukan di hari ketiga pencarian, Selasa, 29 Juni 2021.

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengungkapkan jenazah Sanrusdi ditemukan tim SAR gabungan sekira pukul 09.00 WIB.

"Ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, di perairan selatan kawasan Pantai Karangkemanten, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, dengan jarak dari lokasi kejadian sekitar 6,4 nautical mil," tutur dia.

Jasad korban, masih kata I Nyoman, pertama kali di temukan oleh seorang nelayan yang sedang mencari ikan. Nelayan itu melihat sosok benda mencurigakan yang mengapung di permukaan air. Bentuknya yang mirip manusia berbalut kaos merah membuatnya mendekat. Ternyata benar, benda itu adalah sosok tubuh yang sudah meninggal.

Temuan itu langsung dilaporkan ke tim SAR yang tengah melakukan pencarian terhadap Sanrusdi. Berbekal informasi ciri-ciri warna pakaian merah, diyakini jenazah terapung itu adalah pemancing tenggelam yang tengah dicari.

Tim SAR gabungan bergegas ke lokasi penemuan menggunakan rigit inflatable boat dan perahu jukung katir. Kemudian dilakukan evakuasi dan dipastikan jenazah itu adalah korban Sanrusdi.

"Selanjutnya jenazah korban dibawa ke rumah duka untuk diserahkan keluarga agar bisa segera dimakamkan," ujar dia.

Dengan ditemukannya korban tenggelam tersebut maka operasi pencarian tim SAR gabungan ditutup. Semua unsur SAR yang terlibat dalam kegiatan itu balik ke satuan dan organisasi masing-masing.

Unsur SAR gabungan terdiri dari Basarnas Cilacap, Polair Logending, Pos AL Logending, Polsek Ayah, Koramil Ayah, BPBD Kebumen, SAR Lawet Perkasa, SAR Elang Perkasa, Tagana, Ubaloka, Rapi, Bagana, PMI Kebumen, Cilacap Rescue, Kowara, SAR Lintas Batas Purworejo, MDMC Banyumas, SAR Jetis dan nelayan setempat.

"Kami apresiasi kerja sama dan ucapkan terima kasih kepada seluruh potensi SAR yang terlibat dalam pencarian ini," imbuh Nyoman.

Diketahui, tiga warga dihajar gelombang tinggi saat sedang memancing di breakwater Pantai Logending, Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kebumen, Minggu, 27 Juni 2021, sekira pukul 09.30 WIB. Dua pemancing berhasil menyelamatkan diri namun Sanrusdi hilang tenggelam digulung arus laut.  

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post